TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sama-sama Kader Banteng

Jokowi Diramal Pro Ganjar

Oleh: Farhan
Minggu, 30 Juli 2023 | 10:55 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

JAKARTA - Para Calon Presiden (Capres) berebut restu dan dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sinyal endorsement orang nomor satu di Indonesia itu diyakini mengarah ke Ganjar Pranowo, Capres yang diusung PDI Perjuangan (PDIP).

Teranyar, putra sulung Jokowi yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menyebut, ayahandanya sudah memilih sa­tu Capres. Menanggapi berbagai spekulasi itu, Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira sangat yakin, sebagai kader Banteng, Jokowi akan melabuhkan dukungan ke Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah itu dianggap yang paling mung­kin meneruskan program dan legacy Pemerintah Jokowi jika terpilih di Pilpres 2024. "Kalau Pak Jokowi ingin program pemerintahannya berkelanjutan, semestinya beliau mendukung Pak Ganjar," kata Andreas kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Grup), ke­marin.

Dikatakan, Ganjar memang dipersiapkan Banteng dan par­tai pengusung lainnya seperti PPP, Perindo, dan Hanura sebagai penerus Presiden Jokowi. Menurutnya, Ganjar lebih banyak kemiripan dengan Jokowi. Khususnya, dalam model kepemimpinan yang merakyat. Pria berambut putih itu juga punya segudang pengalaman, dari mulai di legislatif hingga di pemerintahan.

Sosok yang lebih original, substantif dalam perilaku politik. Ketika terpilih jadi Presiden, ya sikapnya tak akan berubah. Memang paling mirip dengan Jokowi," tuturnya.

Sebelumnya, saat bertemu dengan sejumlah relawan Jokowi di Restoran Telaga Sampireun, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/7) Gibran mengakui, ayahnya telah menaruh pilihan terhadap satu Capres. Namun, Gibran ogah membocorkan ciri-ciri Capres yang didukung bapaknya itu. "Ya ntar saja ciri-cirinya," ucapnya

Sebelumnya, PKB yang kini berada satu koalisi dengan Gerindra menebak, dukungan Jokowi mengarah ke Prabowo. "Kalau dari bahasa tubuh be­lakangan ini rasanya kok lebih ke Pak Prabowo yah. Tetapi ini kan hanya tebak-tebak meng­hibur," kata Ketua DPP PKB, Daniel Johan.

Meski begitu, dia ragu Jokowi akan membuka arah dukungan­nya kepada publik. "Kita tunggu saja," cetusnya.

Terpisah, pengamat politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko menilai intuisi Presiden Jokowi mengarah pada sosok Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Terlebih, Ketua Umum Partai Gerindra itu sudah cukup lama menjadi anak buah Jokowi dalam kabinetnya. "Banyak sinyal yang menunjuk­kan intuisi Jokowi ke Prabowo," tutur Anang dalam keterangan­nya, kemarin.

Misalnya, sikap santai Presiden Jokowi ketika Prabowo bertemu dengan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka di Solo belum lama ini.

Jokowi juga tak memper­masalahkan spanduk yang menyatakan relawan Jokowi-Gibran yang mendukung Prabowo.

Kemudian, peristiwa pemanggilan secara personal Prabowo ke Istana Negara Bogor untuk sekadar makan siang dan berdiskusi ringan. Selain itu, di berbagai kunjungan kenegaraan, Presiden Jokowi juga turut serta mengajak Prabowo.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo