TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kerap Terjadi Genangan, Disperkimta Tangsel Lakukan Penataan Jalan dan Drainase di Jombang

Laporan: Rachman Deniansyah
Minggu, 13 Agustus 2023 | 01:31 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan penataan jalan dan drainase di wilayah RW 09 Kelurahan Jombang, Ciputat, Tangsel. 

Kepala Disperkimta Kota Tangsel, Aries Kurniawan menerangkan, penataan dilakukan akibat sering terjadinya genangan di lokasi. 

"Daerah ini memang dari dulu selalu tergenang maka kami sepakat dengan warga sekitar untuk menaikan level jalan tersebut," ujar Aries, Sabtu (12/8/2023). 

Hal tersebut dilakukan agar air buangan dapat mengalir ke saluran utama. Sehingga nantinya, genangan air diharapkan tak akan terjadi kembali. 

"Level permukaan jalan sudah kami ukur dan disepakati RT, RW, BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), dan warga setempat. Bahwa (permukaan jalan-red) tidak akan melebihi level lantai rumah sekitar," terang Aries. 

Selain penataan jalan, Aries menyebut, pihaknya juga melakukan penataan drainase. 

"Kondisi existing di RT 08 RW 09, dan pembuang drainase utama di RT 03 RW 09," paparnya. 

Aries menjelaskan, penataan drainase di lokasi tersebut dilakukan lantaran kondisi saluran awal berada di bawah saluran sekunder atau limpasan. 

"Sehingga kami bersama pelaksana mencoba mengukur elevasi lokasi tersebut dengan kemiringan 2% itu untuk lokasi tersebut dengan kondisi sekarang untuk pasangan U-Ditch. Kemudian untuk pasangan jalannya kita akan sesuaikan dengan ketinggian U-Dicth. Maka ada pengurukan leveling agar lebar jalan bisa seperti kondisi semula," jelasnya. 

"Kami melaksanakan untuk penanganan salurannya ditinggikan agar air dari saluran rumah warga bisa tersalurkan ke saluran utama," sambung Aries. 

Saat ini, Aries mengutarakan, pengerjaan penataan jalan dan drainase tengah dimulai. 

"Dan selanjutnya di atas agregat akan dilakukan paving tiga dimensi. Ini penataan sekalian penanganan titik-titik banjir lingkungan," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo