TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Melawan Efek Buruk Polusi Udara

Oleh: Mg.1
Minggu, 20 Agustus 2023 | 13:50 WIB
Kunyit. Foto : Ist
Kunyit. Foto : Ist

SERPONG - Belakangan ini, kualitas udara yang buruk di beberapa kota besar menjadi sorotan. Polisi udara yang semakin meningkat ini disebut terjadi lantaran sumber emisi dan pergerakan polutan udara oleh angin. 

Di saat situasi seperti ini, masyarakat seharusnya mulai memperhatikan kondisi kesehatan mereka dan menjaganya dari polisi udara. 

Untuk menghindari efek polusi udara yang buruk bagi kesehatan, bisa mengonsumsi 5 makanan ini. Sebab, makanan ini dikenal dapat melawan efek buruk dari polusi udara. 

1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai makanan yang bisa melawan efek buruk dari polusi udara, lantaran mengandung vitamin E yang juga dapat mencegah asma kambuh. 

Selain itu, alpukat juga mengandung antioksidan yang dikenal dengan glutathione yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi alpukat, juga dapat menghindari risiko kanker paru-paru. 

2. Tomat

Tomat merupakan makanan yang kaya akan beta karoten, vitamin C, likopen, dan juga antioksidan. Likopen pada tomat, berfungsi dalam menjaga kesehatan, menjaga keseimbangan radikal bebas, serta melindungi tubuh dari penyakit pernapasan.

Selain itu, beta karoten pada tomat juga bisa memperlambat penuaan paru-paru. Berdasarkan penelitian, orang dewasa yang memakan tomat lebih dari dua dalam satu hari, memiliki tingkat penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat.

3. Bayam

Bayam juga mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein, dan klorofil yang bertugas dalam mendorong imunitas tubuh. Bayam juga kaya akan magnesium yang memberikan kekebalan tubuh untuk melawan kabut asap, serta membantu artikulasi udara di paru-paru.

4. Kunyit

Kunyit dikenal dengan sifat anti-inflamasi yang dapat melawan paru-paru, serta dapat melindungi paru-paru dari efek racun polutan. Mengonsumsi kunyit dapat meredakan batuk-batuk, sampai iritasi yang disebabkan oleh polutan udara.

 

Tanaman herbal ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi hati dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, kandungan kurkumin pada kunyit juga berperan penting dalam membunuh zat beracun yang masuk dalam tubuh.

5. Brokoli

Tak sedikit ahli gizi yang menyarankan untuk memakan brokoli untuk melawan efek buruk polutan. Pasalnya, brokoli dapat mengeluarkan racun yang berhubungan dengan polusi udara lantaran mengandung sulforaphane atau senyawa antikarsinogenik.

Brokoli juga mengandung beta karoten dan sejumlah antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membangun pertahanan terhadap infeksi dan penyakit.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo