TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tekanan Darah Tinggi? Coba 5 Makanan Ini

Oleh: Mg.1
Minggu, 17 September 2023 | 11:02 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Selain dengan mengubah gaya hidup untuk menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, ternyata terdapat sejumlah makanan yang bisa dicoba untuk merasakan manfaat ini. 

Tak sedikit orang yang mencoba berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Untuk itu, bisa mencoba beberapa makanan ini yang mengandung kalium dan magnesium sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah. 

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah sejumlah makanan tersebut:

1. Ikan Berlemak (Salmon) 

Ikan berlemak merupakan sumber lemak omega 3 yang memiliki manfaat baik untuk jantung dan mampu mengurangi tingkat tekanan darah. Berdasarkan studi, dengan memperoleh 2 hingga 3 gram lemak omega-3 (sekitar 3,5 ons porsi salmon), seseorang akan merasakan manfaat untuk menurunkan tekanan darah. 

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan sumber nutrisi seperti kalium dan magnesium, sehingga mampu membuat tekanan darah menjadi optimal. Salah satu dari sayuran hijau adalah bayam. 

Bayam kaya akan senyawa nabati, selain itu sayuran ini juga dipenuhi antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium yang menjaga kesehatan jantung. 

3. Buah Sitrus

Buah-buahan ini penuh akan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang mampu menjaga jantung tetap sehat dengan mengurangi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi. 

Buah sitrus ini mencakup jeruk Bali, jeruk, dan juga lemon. Berdasarkan studi, buah jeruk ini memiliki keterkaitan dengan memungkinkan tekanan darah yang tinggi menjadi lebih rendah. Meski begitu, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu. 

4. Buah Beri

Mengonsumsi buah beri dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah beri juga merupakan sumber antioksidan yang kaya, termasuk juga antosianin yang mampu mengurangi produksi molekul yang membatasi aliran darah. 

Buah beri yang dapat mengurangi tekanan darah yaitu blueberry, raspberry, chokeberry, strawberry, anggur, dan juga cranberry.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat memberikan efek yang bermanfaat bagi tekanan darah. Sebab, makanan ini mengandung sumber nutrisi penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk serat dan arginin.

Contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah yaitu biji labu, biji rami, biji chia, pistachio, kenari, dan kacang almond.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo