TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Luhut Mulai Pulih

Laporan: AY
Selasa, 10 Oktober 2023 | 10:40 WIB
Menko Marves luhut Binsar Pandjaitan. (Ist)
Menko Marves luhut Binsar Pandjaitan. (Ist)

JAKARTA, Kondisi kesehatan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mulai pulih. Saat ini, kondisi kesehatan Luhut semakin baik, hanya saja masih perlu perawatan dokter.

Kabar perkembangan kesehatan Luhut ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Kata Sandi, kendati masih harus menjalani rawat inap, kondisi kesehatan Luhut semakin membaik. "Persiapan pemulihan," kata Sandi, di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Saat ini, lanjut Sandi, Luhut berada di Jakarta. Bukan dirawat di luar negeri sebagaimana informasi yang berseliweran di media sosial. 

Sandi pun meminta masyarakat untuk terus mendoakan Luhut. "Kondisinya baik dan berangsur semakin sehat, dan mudah-mudahan, mohon didoakan teman-teman, bisa beraktivitas kembali," tambah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Dia kemudian menceritakan awal mula kondisi kesehatan Luhut menurun. Menurut Sandi, Luhut sempat kelelahan usai didapuk sebagai Ketua KTT Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States Forum/AIS).

Sandi mengaku sempat bertemu Luhut pada Minggu (1/10). Saat itu, kondisi Luhut masih segar. “Belum menunjukkan kelelahan," imbuhnya.

Namun, dua hari kemudian, kondisi kesehatan Luhut drop sampai harus dirawat. “(Sekarang), saya baru dapat informasi beliau berangsur pulih dan mohon didoakan oleh teman-teman," ujar Sandi.

Juru Bicara Kemenko Marves, Jodi Mahardi, menyampaikan hal serupa. Dia menerangkan, kondisi kesehatan Luhut berangsur pulih. "Pak Luhut kondisinya terus membaik. Semoga bisa segera beraktivitas normal," ucap Jodi.

Namun, Jodi tidak bisa memastikan apakah Luhut bisa menghadiri KTT AIS yang rencananya akan dihelat di Bali pada 10 dan 11 Oktober 2023. "(Pak Luhut) masih di Jakarta sekarang. Tergantung kondisi beliau nanti," imbuhnya.

Selama ini, agenda Luhut memang padat. Padahal, usianya sudah tidak muda lagi. Luhut baru saja genap berusia 76 tahun pada 28 September 2023.

Senin (2/10/2023), Luhut mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur. Luhut juga ikut naik kereta cepat bersama Jokowi Jakarta-Bandung pp.

Luhut juga sibuk mempersiapkan KTT AIS. Lalu, dia juga tercatat tengah menjalani tugas sebagai Ketua Satgas Percepatan Realisasi Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Ketua Pengarah Satgas Sawit, Koordinator Program Penggunaan Kendaraan Listrik, hingga Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Mendengar kondisi Luhut mulai membaik, warganet ikut bersyukur. Mereka pun ramai-ramai mendoakan Luhut agar bisa segera sembuh total dan beraktivitas kembali.

"Semoga lekas sembuh Opung," cuit akun @penguasahati. "Semoga segera diberi kesembuhan Pak Luhut," timpal akun @Deddy35504584.

Akun @JJ_tilu menyebut, Luhut punya tugas segudang. Tenaganya diperlukan Pemerintah. "Semoga beliau segera pulih ya. Beliau tugasnya super berat dan banyak kelola negara. Nggak ada yang bisa gantikan posisi dengan seabrek jabatan yang diberikan Pak Jokowi," tulisnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo