TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Haji 2025

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers

Ratusan Warga Tangsel Ngadu ke SP4N Lapor, 99,43 Persen Ditindaklanjuti

Reporter: Rachman Deniansyah
Editor: admin
Senin, 16 Oktober 2023 | 14:08 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Sejak diluncurkan pada Oktober 2020 silam, tercatat ada sebanyak ratusan aduan masyarakat Tangerang Selatan (Tangsel) masuk ke dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional–Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, ratusan aduan tersebut sudah terintegrasi dan dapat segera ditindaklanjuti oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. 

"Masyarakat bisa mengikuti sudah sejauh mana nanti proses tindak lanjut dari laporan tersebut. Nanti ada komunikasi antara dinas teknis yang terkait dengan masalahnya, nanti akan berkomunikasi. Makanya harus lengkap, datanya, namanya, nomor telepon supaya ada komunikasi. Seringnya, hanya masalahnya saja yang dilaporkan," ujar Benyamin di Puspemkot Tangsel, Senin (16/10/2023). 

Tidak hanya terintegrasi dengan masing-masing dinas, Benyamin mengaku bahwa dirinya juga turut memonitor setiap aduan yang masuk. 

"Kita kasih paling lama seminggu dari pelaporan. Sudah ada realisasinya. Berhasil atau enggak, yang terpenting ada komunikasi. Saya monitor juga, selain yang langsung ke hp saya," kata Benyamin. 

Lebih lanjut, Kepala Diskominfo Kota Tangsel, Tb. Asep Nurdin merangkum, sedikitnya ada 523 laporan yang masuk ke dalam kanal SP4N LAPOR. 

"Dari laporan tersebut, hampir 99,43 persen telah ditindaklanjuti, Ini luar biasa. Teman-teman OPD termasuk kecamatan dan kelurahan, mereka merespon laporan yang masuk langsung disampaikan masyarakat melalui kanal SP4N LAPOR," paparnya. 

Ratusan laporan tersebut, terdiri dari segala jenis aduan yang beririsan dengan berbagai OPD terkait. 

"Kalau kita bicara dari prosentase, dari dinas yang paling cepat menangani laporan adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Insya allah ini akan diikuti oleh rekan sekalian. Mudah-mudahan layanan, melalui laporan ini dapat berjalan dengan baik," tandasnya.

Komentar:
DLH
Damkar
Perkim
Lebak
Dprd
ePaper Edisi 21 Agustus 2025
Berita Populer
02
Persib Bandung Kalah Dari Persijap Jepara 2-1

Olahraga | 2 hari yang lalu

03
06
07
Fortuner Hantam Truk, Nyawa Sopir Melayang

TangselCity | 1 hari yang lalu

08
Tiba di Turki, Megawati Gabung di Manisa BBSK

Olahraga | 2 hari yang lalu

10
Pajak Saeutikna

Opini | 7 jam yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
RM ID
Banpos
Satelit