TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Peringati Hari Listrik Nasional, Enlit Asia 2023 Pameran Energi Terbesar Resmi Digelar

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 14 November 2023 | 16:11 WIB
Pameran energi terbesar di Indonesia "Enlit Asia 2023" resmi digelar, Selasa (14/11/2023). Foto : Ist
Pameran energi terbesar di Indonesia "Enlit Asia 2023" resmi digelar, Selasa (14/11/2023). Foto : Ist

TANGERANG - Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-78, pameran energi terbesar se-Indonesia bertajuk Enlit Asia 2023 resmi digelar. 

Pameran yang juga menjadi ajang berkumpul para pemangku kepentingan di sektor energi ini, berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, pada 14-16 November 2023. 

Pameran ini sekaligus juga digelar untuk menunjukkan dukungan, solusi, serta kolaborasi dalam upaya mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission 2060. 

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nezar Patria, Dirjen Energi Baru Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Yudo Dwinanda Priadi, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jisman Hutajulu, Ketua Dewan Pengawas Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) sekaligus Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasojo, CEO of Clarion Events Asia, Richard Ireland, dan Ketua Umum MKI Evy Haryadi, serta Sekretaris Jenderal MKI yang juga sekaligus menjadi Ketua Pelaksana HLN78, Arsyadany G. Akmalaputri. 

Ketua Dewan Pengawas MKI sekaligus Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mengatakan, saat ini Indonesia tengah dihadapi oleh berbagai macam tantangan. Baik dari sisi kebijakan, strategi, inovasi teknologi, hingga risiko investasi. 

"Di sini kita tidak hanya mengidentifikasi tantangan namun juga bersama-sama menjawab tantangan perubahan iklim dengan berbagai cara. Ini adalah tantangan global yang harus dihadapi bersama dengan demikian kita bisa mengatasi hal itu dengan berkumpul pada acara hari ini, event yang sangat luar biasa, yaitu Enlit Asia 2023 bekerja sama dengan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia yang menyelenggarakan pameran hingga CEO dialogue untuk saling berbagi peran dalam menghadapi perubahan iklim ini," ujar Darmawan saat membuka acara, Selasa (14/11/2023). 

Untuk menghadapi dan menyelesaikan tantangan itu, kata Darmawan, tentunya diperlukan suatu kolaborasi. Seperti halnya yang tersaji dalam acara ini. 

"Ini adalah salah satu event yang luar biasa dengan antusiasme dari para peserta dan terlihat dari berbagai CEO yang hadir dari seluruh dunia. Kita semua akan berbagi ide dan inovasi untuk bersama-sama mendinginkan bumi," imbuhnya. 

Senada dengannya, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jisman Hutajulu mengatakan, untuk mencapai target NZE tersebut pemerintah telah menetapkan beberapa program pengembangan energi terbarukan sebagai strategi jangka panjang ketenagalistrikan nasional. 

"Yang tercantum dalam Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN). Acara Enlit Asia 2023 bersamaan dengan Hari Listrik Nasional ke-78, merupakan wujud dari semangat bersinergi dan dedikasi untuk keberhasilan transformasi sektor ketenagalistrikan mencapai target transisi energi menuju NZE," jelasnya. 

Sementara itu CEO of Clarion Events Asia, Richard Ireland mengatakan, Enlit Asia 2023 tidak hanya sekadar menjadi acara energi di tingkat regional. Acara juga merupakan tempat berkumpulnya para pelaku industri energi dan kelistrikan dalam satu wadah dan mencari solusi inovatif bersama dalam rangka mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission. 

Menurutnya, Enlit Asia 2023 memberikan kesempatan bagi para ekshibitor dan pengunjung untuk melakukan networking dan membahas isu-isu terbaru terkait energi. 

Ada lebih dari 200 pembicara yang terlibat dalam rangkaian acara. Setidaknya lebih dari 12.000 pengunjung akan hadir dalam tiga hari pameran Enlit Asia 2023. 

"Kami berharap acara yang berlangsung pada 14 hingga 15 November 2023 di ICE BSD ini dapat menjadi momen untuk menyatukan suara antar pemangku kepentingan sehingga target transisi energi dan Net Zero Emission dapat dikejar," harapnya. 

Pada kesempatan ini, dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman oleh PT PLN Persero dan China Southern Power Grid International (HK) Co Limited, PT PLN Persero dan Hitachi Sakti Energy Indonesia, PT PLN Persero dan Electricite De France, T PLN Persero dan GE Vernova, T PLN Persero dan Danish Energy Agency, serta PT PLN Persero dan Huawei.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo