TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Berharap Lolos Ke Putaran Dua, Anies Realistis

Oleh: Farhan
Sabtu, 18 November 2023 | 09:55 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan realistis menghadapi Pilpres 2024. Anies tidak muluk-muluk mau menang satu putaran. Dia hanya memasang target: masuk ke putaran dua. 

“Target kita sederhana, masuk putaran kedua dan itu targetnya sederhana," ucapnya, kepada relawan Garda Matahari, di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023).

Untuk mencapai target ini, Anies meminta semua pendukung dan relawan solid turun ke masyarakat untuk menggelorakan gagasan positif. Termasuk Garda Matahari. Tiga daerah harus diamankan, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Bila Jakarta, Jawa Barat, Banten kita solid, ini kan jangkauannya banyak di sini nih. Insya Allah kita bisa berangkat menuju putaran kedua, Insya Allah,” ucap Capres yang didukung Koalisi Perubahan ini.

Dengan lolos ke putaran kedua, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, bakal membangun momentum yang menguntungkan dalam pemenangan Pilpres 2024. Anies mengklaim, kemenangan yang hendak diraih dalam Pilpres 2024 bukan sekadar untuk kepentingan pribadi atau partai koalisi.

"Ini adalah upaya memenangkan gerakan perubahan, untuk mengembalikan marwah dalam berkehidupan kebangsaan," ucapnya.

Anies percaya, perubahan akan mengembalikan kepercayaan kepada negara, mengembalikan kepercayaan kepada pemerintah, dan mengembalikan kepercayaan kepada institusi-institusi yang menjalankan kepentingan rakyat.

Anies juga pede, kemenangan dirinya bersama Muhaimin Iskandar dapat mengendalikan harga-harga bahan kebutuhan pokok. "Lapangan pekerjaan akan tersedia dengan lebih mudah. Pendidikan setara untuk semua," sambung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

PKB, sebagai anggota Koalisi Perubahan, mengaminkan pernyataan Anies ini. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyatakan, banyak pengamat menilai, Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Dia yakin, Anies-Muhaimin punya peluang besar untuk masuk putaran kedua.

"Betul, itu target sederhananya. Sebab banyak pengamat yang selalu mengatakan Pilpres akan berlangsung dua putaran," ucap Jazil, kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group), Jumat (17/11/2023).

Kendati demikian, Jazil tetap berusaha agar Anies-Muhaimin memenangi Pilpres dalam satu putaran. "Kita semua Timnas AMIN akan bekerja keras agar meraih target maksimal, yaitu menang satu putaran," ucap Wakil Ketua MPR itu. 

Sementara, Ketua DPP NasDem Effendy Choirie merinci tahapan-tahapan Anies dan kesuksesannya untuk menjadi Pilpres. Menurut politisi yang akrab disapa Gus Choi ini, kesuksesan yang sudah diraih adalah, Anies tercatat sebagai peserta Pilpres. "Kesuksesan lolos dari berbagai gangguan, ganjalan, jebakan, dan halangan," ucap Gus Choi. 

Dia bilang, ada enam tahapan kesuksesan yang telah dan akan dilalui Anies. Pertama, Anies sukses mengantongi tiket Capres dari NasDem, PKB, dan PKS sehingga bisa mengikuti Pilpres 2024. 

Kedua, Anies-Muhaimin bisa daftar ke KPU dan resmi sebagai calon. Ketiga, lolos ikut masuk putaran kedua. Keempat, memenangkan pertarungan kedua. Kelima, resmi dilantik jadi Presiden 1 Oktober 2024. “Keenam, konsolidasi melakukan gerakan perubahan," ucapnya, pede.

Sedangkan, PKS lebih berbicara ke strategi. PKS ingin meningkatkan edukasi ke pemilih. Sebab, semakin cerdas pemilih, semakin paham makna demokrasi. Dengan begitu, peluang Anies-Muhaimin semakin besar. "Saya kira target Anies realistis," ucap Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri. 

Apakah target Anies ini bisa diraih? Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan, memprediksi Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Karena itu, wajar kalau pesertanya ingin pasang target masuk dua putaran. 

“Kalau sudah masuk, kompetisinya jadi tambah menarik dan terfokus pada dua pasang saja," jelas Kacung.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo