TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Zaman Terus Berkembang, Dindikbud Upgrade Kualitas Guru-guru di Tangsel

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 22 November 2023 | 17:11 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG UTARA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bertekad ingin meningkatkan kualitas guru-guru di wilayahnya. Hal itu dilakukan guna menghadapi perkembangan zaman yang kini terus berubah dengan sangat pesat. 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, peningkatan kompetensi guru merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan di tengah hantaman arus perkembangan zaman. 

"Sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan prioritas dalam dinamika perubahan dunia pendidikan yang dipengaruhi oleh perubahan teknologi saat ini," ujar Benyamin dalam kegiatan Talkshow Pendidikan di kawasan Serpong Utara, Tangsel, Rabu (22/11/2023). 

Menurutnya, peningkatan kompetensi kini sudah merupakan tuntutan. Seorang guru sudah harus memiliki inisiatif untuk mengembangkan diri. 

"Guru sebagai agen perubahan dalam bidang pendidikan harus senantiasa meningkatkan profesionalitas dan kompetensi untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan menyenangkan. Sehingga mampu mendorong minat belajar siswa serta meningkatkan kualitas hasil belajar," ujar Benyamin. 

Senada dengannya, Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Deden Deni menerangkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Peringatan Hari PGRI ke-78 sekaligus Hari Guru 2023. 

"Ini bentuk bagian dari memberikan masukan barangkali, hal apa yang harus dilakukan ke depan berkaitan dengan dunia pendidikan di Tangsel," tuturnya. 

Untuk menjawab semua tuntutan dan tantangan yang ada, diharapkan guru dapat berubah berinovasi dalam mengembangkan kompetensinya. 

"Hari ini dengan teknologi bisa mencari informasi. Dengan kondisi kemajuan teknologi ini jangan sampai guru keduluan dengan siswa. Ini kan jadi permasalahan. Ini kan terjadi kadang-kadang. Bentuk peningkatan tidak melulu dari pemerintah. Tapi guru juga harus punya inisiatif sendiri," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo