TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Lakukan Cara Memasak Nasi Beras Merah Ini Agar Tetap Pulen

Laporan: Gema
Sabtu, 16 Desember 2023 | 12:45 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Beras merah seringkali menjadi pilihan alternatif pengganti nasi putih, untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Namun, nasi yang dihasilkan dari beras merah biasanya terasa lebih kering dan tak seenak nasi putih.

Meski begitu, beras merah mengandung gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, perlu melakukan cara memasak nasi dari beras merah dengan baik dan benar agar nikmat dan nutrisinya tidak hilang saat dimasak.

Berikut tips memasak beras merah:

1. Cuci beras

Beras merah dapat dimasak dengan dicuci terlebih dahulu ataupun tidak. Tetapi jika tidak dicuci, beras dikhawatirkan akan kotor. Biasanya, beras merah perlu direndam sekitar 2-4 jam sebelum dimasak agar lebih mudah mekar dan teksturnya tidak keras.

Tetapi, ada beberapa varietas beras merah yang memang tidak perlu melewati perendaman, lantaran kualitasnya yang baik.

2. Tepat takaran

Gunakan 1 cangkir beras merah (200 gram), dengan 2 ½ gelas air (400-500 ml), untuk membuat nasi merah yang bertekstur kenyal, lembut, dan juga pulen. Perbandingan yang ideal saat memasak beras merah adalah sekitar 1:2. Jika ingin tekstur nasi elbih lunak, gunakan perbandingan 1:4.

3. Dimasak secara biasa

Saat memasak beras merah dengan cara tradisional, beras merah perlu didiamkan selama beberapa menit saat direbus, dengan cara menurunkan panas kompok. Tetapi saat ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan rice cooker saat memasak nasi lantaran lebih mudah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo