TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Klub Riset Bildung Bedah Penulisan Tesis & Review Progres Penelitian

Oleh: mg1
Kamis, 01 Februari 2024 | 07:30 WIB
Klub riset Bildung melakukan diskusi. (mg1)
Klub riset Bildung melakukan diskusi. (mg1)

CIPUTAT TIMUR-Dalam pendidikan,  sebuah penelitian adalah satu hal yang penting. Sebuah penelitian membutuhkan beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Demikian diungkapkan Suwendi dari klub riset Bildung dalam diskusi “Bedah Penulisan Tesis dan Review Progres Penelitian” di ruang Perpustakaan Riset Pascasarjana UIN Jakarta pada Selasa (30/1).

Ia menjelaskan, di lapangan tidak sedikit akademisi yang kesulitan saat melakukan penelitian. Dengan kehadiran diskusi rutin semacam ini, ia berharap dapat membantu untuk menyelesaikan tugas akhir.

Hadir dalam diskusi itu, Arif Zamhari, Dosen Program Studi Magister Pengkajian Islam SPs UIN Jakarta sebagai narasumber. Zamhari membagikan pengalamannya saat melakukan penelitian. Menurutnya, ada tiga tahapan yang dapat dilalui.

“Induktif konseptual mengacu pada pembentukan konsep, proposisi, atau teori dari data yang terkumpul, bukan untuk menguji hipotesis. Emik post priori berusaha memahami makna realitas sosial sebagaimana dipahami oleh subjek yang diteliti. Sementara itu, holistik kontekstual menekankan kompleksitas dan variasi realitas yang terhubung dengan konteks yang bermakna,” jelasnya.

Dia menambahkan, satu hal yang perlu diperhatikan pada penelitian adalah memastikan deadline agar penelitian bisa berjalan lancar dan jelas alur jalannya.

Untuk diketahui Klub Riset Bildung menggelar diskusi satu kali  dalam seminggu. Diskusi kali ini dipandu langsung oleh M Abror, mahasiswa pasca sarjana UIN Jakarta.

Abror menyimpulkan, bahwa setiap penelitian harusnya berada di jalur yang benar. “Setiap bab, dari bab 1 hingga penutup, harus sesuai dengan rumusan masalah dan metodologi,” jelasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo