TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PMI Kota Tangerang Gandeng DKM Masjid untuk Donor Darah Usai Tarawih

Oleh: Mg.Nabil
Rabu, 06 Maret 2024 | 14:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang akan menerapkan metode ‘jemput bola’ dengan bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Kota Tangerang untuk menjaga konsistensi persediaan darah selama Ramadan. 

Oman Jumansyah, Ketua PMI Kota Tangerang, jelaskan bahwa donor darah dijadwalkan setelah pelaksanaan shalat tarawih.

“Kami juga sudah bekerja sama dengan DKM. Nanti kegiatan donor darahnya dilaksanakan usai shalat tarawih,” ujar Oman, Selasa (5/3/2024).

PMI Kota Tangerang optimis menetapkan target pengumpulan 15 ribu kantong darah selama Ramadan 2024. Target ini dapat tercapai karena donor darah dianggap aman bagi kesehatan selama menjalani ibadah puasa.

“Donor darah justru membuat badan menjadi sehat dan baik dilakukan saat menjalami ibadah puasa. Karena sel darah akan kembali diproduksi usai pendonor melakukan donor darah,” kata pria yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Tangerang ini.

Selain itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menyatakan, persediaan darah menjelang Ramadan di wilayah tersebut tercatat aman dan terkendali. Saat ini, terdapat 992 kantong darah dengan berbagai golongan darah.

Oman menyatakan bahwa persediaan darah akan terus mengalami perubahan secara reguler seiring dengan jumlah pendonor dan permintaan darah dari rumah sakit.

“Stok darah sekarang ada 992 kantong dari berbagai golongan. Stok sewaktu-waktu dapat berubah karena tergantung dari permintaan dan pemasukan darah dari para pendonor,” jelas Oman.

Berdasarkan data terkini yang dikumpulkan, stok darah di PMI Kota Tangerang terdiri dari 141 kantong darah golongan A, 378 kantong golongan B, 343 kantong golongan O, dan 130 kantong golongan AB.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo