TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Provinsi Banten

Laporan: Irma Permata Sari
Kamis, 07 Maret 2024 | 22:42 WIB
Foto : Dok. BMKG wilayaj II
Foto : Dok. BMKG wilayaj II

CIPUTAT, Dalam 24 jam terakhir, hujan dengan intensitas Sedang hingga Lebat terjadi di Teluk Lada, Pandeglang dan Cileles, Lebak. Hasil monitoring yang dilakukan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II menunjukan adanya potensi cuaca ekstrem berupa peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Provinsi Banten dalam sepekan kedepan. Hal tersebut berpotensi pada status siaga pada tanggal 8 Maret di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian barat.

“Mayarakat diharapkan waspada terhadap gangguan aktifitas, banjidr dan tanah longsor. Hujan sedang hingga lebat terukur di Teluk Lada Kabupaten Pandeglang sebesar 42 mm/hari dan Cileles Kabupaten Lebak sebesar 27 mm/hari. Hal ini disebabkan beberapa fenomena atmosfer yang memicu peningkatan curah hujan di wilayah Provinsi Banten," terang Hartanto, Kepala BBMKG Wilayah II.

Selaku Koordinator BMKG Provinsi Banten, Hartanto menambahkan bahwa aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian barat turut memicu pembentukan awan hujan. Selain itu, potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya - selatan Jawa dan Australia bagian utara memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di wilayah Banten.

“Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, serta angin kencang di wilayah Provinsi Banten pada periode 8-14 Maret 2024. Periode 08 Maret berpotensi terjadi di sebagian besar Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Serang bagian Barat, Kabupatsn Lebak bagian Utara dan Selatan, serta Kabupaten Pandeglang bagian Barat dan Selatan," lanjut Hartanto.

Sementara itu, periode tanggal 09 hingga 14 Maret 2024 berpotensi terjadi di Kabupaten Serang bagian Utara dan Tengah, Kota Serang, Kabupaten Tangerang bagian Selatan, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang bagian Barat, serta Kabupaten Lebak bagian Utara dan Tengah. BMKG menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan kedepan.

“Masyarakat agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang," tutup Hartanto.

Pos Berikutnya:
Tirai Keluarga
Dahlan Iskan
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo