TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kenalkan Kerajinan Kriya, Dispar Tangsel Latih Pelajar Membuat Suvenir Ondel-ondel

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 21 Mei 2024 | 12:54 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

 

 

 

CIPUTAT, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berusaha mengembangkan sektor pariwisata di wilayahnya. Caranya dengan menyentuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada anak-anak sekolah yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

Kepada puluhan anak sekolah tersebut, Dispar Kota Tangsel mengenalkan kerajinan kriya yang menjadi salah satu potensi dalam sektor ekonomi kreatif di Kota Tangsel ini.

Pada kesempatan itu, para pelajar diperkenalkan dan dilatih untuk membuat suvenir ondel-ondel. Pelatihan tersebut berlangsung di Puspemkot Tangsel, Selasa (21/5/2024).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Heru Sudarmanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan demi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Termasuk bagi anak-anak sekolah yang kelak akan menjadi penerus bangsa ini.

"Melalui konsep Merdeka Belajar, adik-adik bisa belajar sambil menggapai cita-cita yang diinginkan. Tidak tertutup kemungkinan adik-adik menjadi pengusaha. Misalnya buat apapun yang bisa dilakukan. Karena apapun yang kita lakukan dan bisa memberi manfaat dan memberi benefit ke kita itu bisa menguntungkan," ujar Heru sembari memberi semangat kepada para pelajar.

Heru menerangkan, pelatihan ini tidak hanya sekadar untuk mengenalkan kerajinan kriya saja. Namun juga sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha kepada anak-anak sejak usia dini.

"Tanamkan itu ilmu kreatif dan inovatif untuk menambah penghasilan. Jangan takut dan malu selagi itu menguntungkan dan halal," ungkapnya.

Pelatihan ini, lanjut Heru, merupakan langkah awal yang selanjutnya akan menjadi inkubasi bagi para pelajar yang minat pada sektor kerajinan ini.

"Konsep ini akan kami kembangkan, selain sekolah akan kami kembangkan ke Kelurahan. Kita imbau dan lakukan inkubasi kepada masyarakat. Kelurahan mana yang layak dan cocok untuk bisa menjadi pusat pengembangan kriya," jelas Heru.

Pasalnya, peluang usaha untuk sektor kriya di wilayahnya ini sangat berpotensi.

"Harapan kami, ini bermanfaat bagi masyarakat di kota Tangsel dan menjadi kemajuan pariwisata yang ada di Indonesia," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo