TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ayo Bantu Korban PHK

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 22 Juni 2024 | 07:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Sudah saatnya pemerintah mengadakan lagi proyek-proyek padat karya yang mampu menampung puluhan ribu korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Dengan proyek padat karya, korban PHK akan punya uang lagi untuk membeli beras, lauk pauk dan seragam anak sekolah.

Korban PHK akibat pandemi Covid-19, plus PHK akibat bangkrutnya beberapa pabrik tekstil, banyak yang belum mendapat pekerjaan lagi. Akibatnya mereka turun kelas, menjadi orang miskin.

Orang-orang yang masih menganggur ini perlu segera diselamatkan dengan cara menciptakan lapangan kerja baru di desa atau perkampungan padat penduduk, dekat tempat mereka tinggal.

Untuk itu, kita berharap, Kementerian PUPR bersama-sama Dinas PUPR Provinsi dan Kabupaten secepatnya merancang proyek-proyek pembangunan infrastruktur, yang bisa dijadikan proyek padat karya. Apakah itu proyek pembangunan jalan kabupaten, jalan kecamatan, jalan desa, atau proyek perbaikan sarana irigasi.

Hal serupa bisa dilakukan Kementerian ESDM bersama-sama PLN, yaitu merancang proyek padat karya pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atau pembangkit listrik mikro hidro. Kementerian lainnya juga mesti merancang proyek padat karya. Semakin banyak proyek padat karya dibuka, semakin banyak korban PHK bisa ditampung.

Kita juga berharap, untuk korban PHK, yang berminat menekuni usaha kerajinan atau kuliner, diberikan pelatihan oleh institusi yang menangani bisnis rakyat kecil. Setelah diberi pelatihan, mereka mesti diberi bantuan modal usaha.

Pada tahap pertama, bantuan diberikan dalam bentuk dana bergulir tanpa agunan dan tanpa bunga. Setelah itu baru diberikan bantuan pinjaman dengan bunga rendah.

Kalau bisnis rakyat kecil bisa tumbuh lebih cepat, tenaga kerja yang terserap akan semakin banyak. Dan, ini dapat menyelamatkan orang-orang yang selama ini masih menganggur.

Kita juga berharap, pemerintah provinsi, kota dan kabupaten bersama-sama pengusaha kelas menengah atas aktif membantu membukakan akses pasar bagi produk usaha kecil dan mikro.

Dengan gotong royong banyak pihak diharapkan korban PHK bisa bangkit lagi. Bisa bekerja lagi, bisa punya uang lagi.

Jadi ke depan ini, pemerintah sudah saatnya putar otak menciptakan lapangan kerja baru bagi korban PHK dan pengangguran. Kalau orang-orang di lapisan paling bawah itu punya uang lagi, roda perekonomian rakyat bisa berputar lebih cepat. Dan, ini akhirnya akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo