TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Aktif Diplomasi, Gibran Rajin Blusukan

Laporan: AY
Rabu, 31 Juli 2024 | 08:01 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto saat kunjungan ke Turki. Foto : Ist
Presiden terpilih Prabowo Subianto saat kunjungan ke Turki. Foto : Ist

JAKARTA - Tiga bulan jelang pelantikan, Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka sibuk dengan agenda masing-masing. Prabowo melakukan serangkaian diplomasi di luar negeri, sedangkan Gibran rajin blusukan di dalam negeri.

Prabowo memulai kunjungan kerjanya ke luar negeri sejak Kamis (25/7/2024). Pertama, datang ke Prancis. Di sana, Menteri Pertahanan ini diterima Presiden Emmanuel Macron, lalu bertemu dengan para pengusaha besar di Paris dalam forum Indonesian-France Business Executive Luncheon in the Sideline of Paris Summer Olympics 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo membahas isu seputar keamanan global sekaligus memperkuat hubungan kerja sama antar kedua negara. Mulai dari sektor perdagangan, investasi, sampai sektor wisata.

Saat di Prancis, eks Danjen Kopassus ini juga ikut hadir dalam pembukaan Olimpiade Paris 2024, bertemu Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach dan Presiden Fédération Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino. Bersama Presiden FIFA, Prabowo membahas pengembangan sepak bola Indonesia.

Dari Prancis, Prabowo terbang ke Serbia untuk menemui Presiden Aleksandar Vučić, Senin (29/7/2024). Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Vučić membahas soal komitmen memperkuat hubungan bilateral antara negara, baik urusan ekonomi maupun politik yang menjadi perhatian bersama.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama antara Indonesia dengan Serbia," ujar Prabowo, usai pertemuan itu.

Gayung bersambut, Vučić juga menyampaikan niatnya memperkuat dialog politik dan kerja sama bidang pertahanan, ekonomi, dan bidang lain yang saling menguntungkan antara Serbia dan Indonesia.

Dari Serbia, Prabowo terbang ke Turki, Senin (29/7/2024). Prabowo mendarat sekitar pukul 17.20 waktu setempat di Ankara Esenboga International Airport. 

Di negeri yang menjadi gerbang utama dari peradaban Timur dan Barat ini, Prabowo menemui Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan dan Menteri Pertahanan Turki Yasar Guler. Setelahnya, Prabowo bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan di Ankara.

Dalam pertemuan dengan Erdogan, Prabowo membahas berbagai isu penting yang tengah berkembang, baik di kawasan internal maupun secara global. Prabowo dan Erdogan juga membahas hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki.

"Kami melihat Turki sebagai mitra strategis yang sangat penting. Kerja sama yang erat antara kedua negara akan memberikan manfaat besar bagi kedua bangsa," ujar Prabowo, dilansir situs Kemenhan, Selasa (30/7/2024).

Terkait kunjungan diplomasi tersebut, Juru Bicara Menhan, Dahnil Azhar Simanjuntak, mengatakan bahwa Prabowo melawat ke luar negeri mewakili Presiden Jokowi. "Untuk menindaklanjuti pembicaraan-pembicaraan bilateral yang sudah dilakukan Presiden Jokowi selama ini," ujar Dahnil, kepada Redaksi, Selasa (30/7/2024).

Dahnil menerangkan, ketika di Paris, Prabowo tak hanya membahas seputar bisnis dengan Macron. Prabowo juga memberi dukungan moril kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang berlaga di Olimpiade. "Di Paris, beliau juga sekaligus hadir memberikan semangat kepada kontingen Indonesia," ujarnya. 

Di dalam negeri, Gibran sibuk blusukan ke berbagai daerah. Selasa (29/7/2024), giliran Kota Tangerang, Banten, yang dikunjungi. Gibran datang ditemani istri, Selvi Ananda, serta politisi PSI yang juga Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini.

Gibran melakukan blusukan ke dua lokasi, Kelurahan Poris Plawad Indah dan Kelurahan Babakan. Saat blusukan, putra sulung Presiden Jokowi ini membagikan buku hingga susu kepada anak-anak. Dalam satu momen, Silvi juga terlihat sempat menggendong seorang bayi sambil berinteraksi dengan ibunya.

Gibran mengaku akan fokus berkeliling di kawasan padat penduduk untuk mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat. Tujuannya, agar program yang bakal dibuatnya bersama Prabowo dapat dirasakan langsung warga Indonesia.

"Hari ini kami mendengarkan masalah terkait drainase, kebutuhan bedah rumah, dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)," kata Gibran, di lokasi.

Sebelumnya, Gibran juga blusukan bersama pimpinan Pura Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X ke Kampung Harmoni, Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024).

Di Solo, Gibran nampak menyapa warga sambil membagi-bagikan buku dan susu untuk anak-anak. Dia menegaskan, kunjungan ini sama seperti kunjungan di daerah lain, yakni belanja masalah dari masyarakat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo