TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Plh Sekda Virgojanti Ajak Pemerintah Daerah Perkuat Bank Banten

Laporan: AY
Kamis, 01 Agustus 2024 | 18:20 WIB
Foto : Humas Pemprov
Foto : Humas Pemprov

SERANG - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris.Daerah Provinsi Banten Virgojanti mengajak seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/ Kota memperkuat Bank Banten. Salah satunya dengan mempercayakan pengelolaan rekening kas keuangan daerahnya di Bank Banten. 

Hal itu diungkapkan Virgojanti seusai menghadiri Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Bapenda Pemkot Serang dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Perseroda) Tbk atau Bank Banten yang dilaksanakan di hotel Aston Serang, Kami (1/8/2024).

"Saya mengapresiasi PKS ini. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi kita bersama, termasuk Kabupaten dan Kota lainnya untuk bersama-sama menguatkan Bank Banten," katanya.

Diungkapkan Virgojanti, dengan keterlibatan seluruh Pemda itu, diharapkan nanti kedepannya Bank Banten bisa menjadi regional champion baik dalam pembangunan maupun perekonomian di Provinsi Banten. 

Selain itu, Virgojanti juga menginginkan semua perputaran uang di Banten bisa dioptimalkan di dalam daerah melalui Bank Banten. "Sehingga dengan begitu, pada akhirnya nanti percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa dilakukan dengan baik," ujarnya. 

Direktur Utama Bank Banten Muhammad Busthami mengatakan, setelah dilakukannya PKS itu, maka pengelolaan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) yang di dalamnya termasuk juga penerimaan pembayaran pendapatan pajak dan retribusi daerah akan dikelola oleh Bank Banten.

"Kami sudah menyiapkan seluruh infrastrukturnya. Dari mulai mesin ATM sampai layanan digital lainnya yang akan memudahkan layanan keuangan yang dilakukan oleh para nasabah, termasuk Pemkot Serang," katanya.

Dikatakan Busthami Bank Banten dengan segala infrastruktur dan SDM-nya saat ini sudah sangat siap berperan aktif sebagai mitra seluruh Pemda di Provinsi dalam pengelolaan keuangan. Hal itu terlihat bagaimana selama Bank Banten mengelola keuangan Pemprov Banten sampai saat ini berjalan baik dan tidak ada kendala apapun.

"Termasuk juga pengelolaan RKUD Pemkab Lebak, dimana perhari ini pembayaran parel ASN di sana sudah melalui Bank Banten, dan itu berjalan dengan baik," ucapnya.

Pj Walikota Serang Yedi Rahmat berkomitmen untuk ikut berperan aktif membesarkan Bank Banten, apalagi Bank Banten itu merupakan Bank kembanggaan masyarakat Banten sehingga kita semua harus ikut membesarkannya.

"Kedepan kita harapkan Bank Banten bisa lebih maju lagi, tidak hanya di tingkat Provinsi tapi juga nasional," katanya.

Kepala Bapenda Kota Serang Hari Pamungkas menambahkan, PKS ini merupakan bentuk sinkronisasi dari yang dilakukan sebelumnya dengan BPKAD, dimana ruang lingkupnya meliputi pengelolaan RKUD dan semua layanan pajak dan retribusi daerah dilakukan oleh Bank Banten.

"Semua sistem dan SDM kita akan sesuaikan sampai dengan timeline yang telah disepakati. Ada rentang waktu satu bulan untuk kami siapkan semuanya bersama Bank Banten baik dari sisi teknis maupun non teknis," jelasnya.

 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo