TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi: Saat Jalan Tol dan Bandara Telah Selesai, ke IKN Terasa Sangat Dekat

Laporan: AY
Senin, 12 Agustus 2024 | 18:02 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Presiden Jokowi mengatakan, ketersediaan infrastruktur seperti jalan tol dan bandara mempermudah akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Jokowi menyatakan, saat ini, IKN masih kelihatan sangat jauh. Bagi yang memutar melalui Kecamatan Sepaku, kemudian masuk ke Nusantara, bisa memakan waktu lebih dari 2 jam.

"Tetapi, kalau nanti jalan tol selesai, ini sudah selesai 60-an persen, bisa lewat jalan tol. Kurang lebih mungkin 40 sampai 50 menit (sampai IKN)," kata Jokowi, dalam sambutannya saat peletakan batu pertama (groundbreaking) PT Intiland Development Tbk, di IKN, Senin (12/8/2024), seperti dikutip Antara.

Kepala Negara lantas bertanya kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang turut hadir di acara tersebut.

Selesai kapan Pak Menteri PU? Akhir tahun ini jalan tolnya selesai. Tanggung jawabnya Menteri PU ya," ujarnya.

Jokowi melanjutkan, saat pembangunan Nusantara Airport selesai, akan mempermudah akses dari kota mana pun di Tanah Air menuju IKN. Dari Nusantara Airport menuju kawasan IKN pun membutuhkan waktu 15 menit lewat jalur darat.

"Jadi, dari airport ke sini kurang lebih hanya 15 menit kurang lebih. Ini juga akan selesai yang panjang runway 2.200 (meter) akan selesai akhir bulan ini dan bisa semua turun di situ siapa pun," terangnya.

Pada awalnya, kata Jokowi, pembangunan Nusantara Airport diperuntukkan bagi VVIP. Namun, saat ini telah diubah dan masyarakat umum dapat menggunakan bandara tersebut.

"Saya rasa kalau dua fasilitas infrastruktur ini selesai, tolnya selesai airport-nya selesai, nanti akan kelihatan betapa dekatnya antara Jakarta ke Nusantara, Surabaya ke Nusantara, Bandung ke Nusantara, Medan ke Nusantara, Makassar ke Nusantara akan dekat," tuturnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo