TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dipastikan Istana, 14 Dan 15 Agustus Tak Ada Reshuffle

Laporan: AY
Kamis, 15 Agustus 2024 | 08:32 WIB
Para Menteri saat berada di IKN. Foto : Ist
Para Menteri saat berada di IKN. Foto : Ist

JAKARTA - Pihak Istana bicara soal isu reshuffle kabinet yang menghangat dalam dua hari ini. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, memastikan tidak ada agenda reshuffle kabinet pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2024.

Kendati demikian, Ari mengingatkan, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Reshuffle dilakukan sesuai dengan kebutuhan Presiden.

“Seperti yang telah disampaikan Bapak Presiden ke media, 13 Agustus 2024 di IKN, pengangkatan dan pemberhentian menteri adalah hak prerogatif Presiden yang dapat dipergunakan jika diperlukan,” ungkap Ari, saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/2024).

Sebelumnya, Jokowi tidak membantah rumor yang menyebutkan akan melakukan reshuffle kabinet. Kata Jokowi, selama masih menjabat sebagai Presiden, berarti punya hak prerogatif untuk melakukan bongkar pasang pembantunya di pemerintahan. “Ya, kalau diperlukan,” kata Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Jokowi memastikan, posisinya sebagai Presiden masih berlaku sampai 20 Oktober 2024 nanti. Pergantian di kabinet bisa saja terjadi sesuai kebutuhan. “Kalau diperlukan. Saya kan sudah ngomong dari dulu, kalau diperlukan. Saya masih punya hak prerogatif itu,” tegas Jokowi.

Lalu, apa kata para menteri menanggapi kabar reshuffle? Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, irit bicara ketika ditanya soal reshuffle.

“Nggak tahu saya,” jawab Luhut singkat, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (14/8/2024).

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, enggan berandai-andai ketika ditanya soal reshuffle.

Ya, tunggu saja, tunggu saja,” sebut Arifin, di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Arifin meminta semua pihak menunggu sampai ada pengumuman resmi dari Jokowi. “Sesuatu pasti ada waktunya,” jelasnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga ogah menanggapi serius wacana perombakan kabinet.

“Terserah kepada Presiden, mau reshuffle tanggal 19, tanggal 20, haknya, ya. Hak prerogatif Presiden,” ucap Ketum PAN yang akrab disapa Zulhas ini, di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Senada, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, juga mengaku tidak mengetahui wacana kocok ulang kabinet.

“Saya nggak tahu itu (reshuffle kabinet),” imbuh Bahlil, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Kendati demikian, Bahlil mengingatkan, reshuffle merupakan hak prerogratif Kepala Negara. “(Reshuffle) hak prerogatif Presiden,” jelas menteri yang disebut-sebut sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar itu.

Penegasan Istana tidak ada reshuffle di pekan ini, turut direspons netizen. “Perlu diinget ya, keputusan reshuffle kabinet adalah hak preogratif dari Presiden @jokowi. Jadi, mau ada reshuffle atau nggak, nggak ada masalah harusnya. Toh, juga Presiden @jokowi masih ingin bekerja dengan baik sampe akhir masa jabatanya nanti,” tutur @JatmikoRifiawan.

“Lusa,” tulis @LAmido7 merespons pernyataan Ari Dwipayana bahwa kemarin dan sekarang tidak ada perombakan kabinet.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo