TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sejarah Baru Terukir Di IKN, Besok Gelar Peringatan HUT ke-79 RI

Laporan: AY
Jumat, 16 Agustus 2024 | 08:08 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Upacara Peringatan HUT ke-79 RI, Sabtu (17/8/2024), akan menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Untuk pertama kalinya, acara kenegaraan peringatan HUT RI diadakan di dua tempat: di Istana Merdeka, Jakarta, dan di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Upacara HUT Kemerdekaan RI selama ini identik dengan penyelenggaraan di Istana Merdeka, Jakarta. Di era Presiden Jokowi, tradisi tersebut diperkaya dengan berbagai hiburan dan atraksi, seperti parade busana adat dan penampilan artis ternama. Kehadiran elemen-elemen ini membuat suasana upacara yang biasanya kaku dan penuh protokoler menjadi lebih cair dan semarak.

Tahun ini, akan terjadi perubahan yang lebih signifikan. Seiring dengan progres pembangunan pusat pemerintahan baru yang semakin signifikan, upacara peringatan HUT ke-79 RI juga digelar di IKN.

Prosesi upacara HUT RI di IKN akan dimulai dengan apel kehormatan dan renungan suci pukul 00.00 WITA di Taman Kusuma Bangsa. Lalu, pada pagi harinya digelar pertunjukan kesenian, di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, pukul 09.15 WITA.

Setelahnya, digelar acara puncak Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi pada pukul 11.00 WITA. Upacara dipimpin langsung Presiden Jokowi. Rangkaian kegiatan di IKN akan ditutup dengan pertunjukan kesenian pukul 15.45 WITA dan upacara penurunan bendera pukul 17.00 WITA.

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka diagendakan mengikuti upacara di IKN. Upacara di IKN diperkirakan akan diikuti 1.300 peserta dari berbagai kalangan. Beberapa di antaranya pimpinan lembaga tinggi negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, ketua umum parpol, tokoh masyarakat, hingga pekerja di IKN.

Di Jakarta, juga dilakukan prosesi hampir sama. Acara diawali dengan apel kehormatan dan renungan suci pada pukul 00.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian pada pukul 08.15 WIB di Halaman Istana Merdeka.

Setelahnya, digelar acara puncak Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi pada pukul 10.00 WIB, yang dipimpin Wapres KH Ma’ruf Amin. Pada sore hari, pukul 14.45 WIB, akan digelar pertunjukan kesenian kedua, sebelum acara ditutup dengan upacara penurunan bendera pada pukul 16.00 WIB.

Dua hari menjelang upacara peringatan HUT ke-79 RI, pemerintah terus mematangkan persiapan yang telah dimulai sejak awal Agustus. Persiapan ini mencakup penyediaan sarana dan prasarana, termasuk infrastruktur jalan dan gedung-gedung penginapan. Perhatian khusus juga diberikan kepada Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang akan menjadi pintu masuk utama bagi para tamu VIP.

Angkasa Pura I telah menyiapkan 24 parking stand untuk menampung pesawat para tamu VIP dan pesawat militer. Di antara fasilitas tersebut, terdapat tiga parking stand yang khusus disiapkan untuk pesawat kepresidenan, pesawat presiden terpilih, dan pesawat wakil presiden terpilih.

Jalanan dari bandara menuju IKN juga mulai dibersihkan dari debu. Sejak Kamis (15/8/2024), jalan nasional menuju IKN disiram air untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan.

Pemerintah juga mempersiapkan fasilitas kesehatan untuk memastikan kesiapan maksimal selama peringatan HUT RI ke-79 di IKN. Tiga rumah sakit telah disiapkan. Satu rumah sakit milik pemerintah dan dua rumah sakit yang dikelola oleh pihak swasta.

Tak hanya itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus bekerja setiap hari menyemai garam di langit IKN. Tujuannya, untuk mencegah hujan, demi kelancaran konstruksi dan persiapan acara besar ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan, upacara HUT ke-79 RI di IKN sudah siap digelar. “Berbagai persiapan sudah dilakukan pemerintah dan mendekati 95 persen,” kata Budi Arie, di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Selain sarana prasarana, Budi Arie menerangkan, pihak-pihak yang terlibat dalam upacara juga sudah siap 100 persen. Mulai dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), pengisi acara kebudayaan, hingga petugas keamanan baik dari Kepolisian hingga TNI.

Anggota TNI dari Angkatan Udara juga telah melatih dan menyiapkan formasi khusus sebagai atraksi. "Semua sudah ada di IKN dan siap melaksanakan tugasnya masing-masing," ujar Budi Arie.

Dia juga memastikan, jaringan telekomunikasi di IKN sudah siap. Telkomsel dan operator seluler lainnya telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara.

Dengan segala persiapan ini, Budi Arie berharap dan berdoa acara, peringatan HUT ke-79 RI di IKN akan berjalan lancar dan sukses.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo