TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Mohon Maaf Untuk Setiap Hati Yang Mungkin Kecewa Selama Memimpin Dua Periode

Oleh: Farhan
Jumat, 16 Agustus 2024 | 15:01 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh hati rakyat Indonesia yang kecewa terhadap kepemimpinannya selama dua periode terakhir.

Hal itu disampaikan Jokowi, dalam pidato kenegaraan Sidang Tahunan MPR yang terakhir kali baginya, dalam rangka HUT RI ke-79 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Karena menurutnya, masa jabatan sepuluh tahun bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mengurai semua permasalahan bangsa.

"Saya sangat menyadari bahwa sebagai pribadi yang jauh dari kata sempurna, sebagai insan yang tumbuh dalam segala keterbatasan, dan sebagai manusia yang jauh dari kata istimewa," kata Jokowi.

Dengan keterbatasan itu, Jokowi memgaku sangat mungkin ada celah dari langkah-langkah yang diambil dan luput dari pandangannya.

Sangat mungkin banyak kealpaan dalam diri saya," tuturnya.

Karena itu, di penghujung masa kepemimpinannya, Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf bersama Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin kepada seluruh rakyat Indonesia. 

"Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai," ucapnya.

"Sekali lagi, kami mohon maaf. Ini adalah yang terbaik, yang bisa kami upayakan bagi rakyat Indonesia, bagi bangsa dan negara Indonesia," tambah Jokowi.

Ia menyadari bahwa hasil yang dicapai pada saat ini belum tuntas dan belum sepenuhnya sesuai dengan harapan dan keinginan rakyat Indonesia. 

"Namun, saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kerja sama kita, dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita- cita Indonesia Emas 2045," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo