TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sukses Upacara Di Jakarta Dan Ibu Kota Nusantara Jokowi Happy Sekali

Laporan: AY
Minggu, 18 Agustus 2024 | 08:20 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 sukses dan sangat istimewa. Karena berlangsung di dua tempat, yaitu Istana Merdeka, Jakarta dan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Jokowi terlihat happy sekali. Sementara Basuki Hadimuljono, atau Pak Bas sangat terharu. Air mata Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara itu terus mengalir selama upacara.

Redaksi hadir di dua tempat, Istana Merdeka, Jakarta dan Istana Negara, IKN, menyaksikan momen perayaan HUT Kemerdekaan dari lokasi yang berbeda. Di Istana Negara IKN, bukan hanya Pak Bas yang terharu. Hampir semua tamu undangan, merasakan hal yang sama. Bangga melihat capaian pembangunan IKN yang luar biasa. Sementara di Istana Merdeka, perayaan yang dipimpin Wapres KH Ma’ruf Amin, berlangsung dengan sederhana, tapi khidmat.

Parade pasukan juga pantas dipuji, karena melaksanakan tugasnya dengan kompak, serempak. Komandan meneriakkan aba-aba dari IKN untuk direspons parade pasukan di dua lokasi yang berbeda. Jarak komandan ke pasukannya mencapai 1.260 kilometer. Namun, pasukan di dua lokasi, sangat kompak dan serempak. Hebat.

Di IKN, Jokowi bersama Ibu Iriana dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto tiba di lokasi upacara sekitar pukul 09.55 WITA. Mantan Wali Kota Solo itu, mengenakan pakaian adat khas Kutai berwarna hitam yang dihiasi sulaman benang emas yang elegan.

Ibu Iriana juga mengenakan pakaian adat serupa dengan potongan longgar dan panjang, yang dihiasi bordiran emas. Penampilannya semakin anggun dengan tambahan aksesori seperti anting, gelang, dan kalung. Sementara Prabowo, mengenakan beskap hitam, kain bercorak coklat, dipadu dengan ikat kepala warna senada.

Saat Jokowi tiba di lokasi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju sudah duduk rapi di kursi mereka masing-masing. Di antaranya, terlihat Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertanian Amran Sulaeman, Mensesneg Pratikno, dan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Para menteri serta tamu undangan lainnya juga mengenakan pakaian adat khas Nusantara.

Prosesi upacara diawali dengan laporan dari Kolonel Nur Wahyudi yang bertindak sebagai komandan upacara. Selanjutnya, dentuman meriam sebanyak 17 kali menggema, diikuti bunyi sirine panjang selama satu menit. Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah Proklamasi yang 79 tahun lalu dikumandangkan oleh proklamator Soekarno, kakeknya Puan, menandai kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Presiden Jokowi kemudian memimpin seluruh peserta upacara, baik yang berada di IKN maupun di Jakarta, untuk mengheningkan cipta. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Upacara dilanjutkan dengan proses pengibaran Bendera Merah Putih. Prosesi ini juga diikuti oleh peserta upacara di Jakarta. Momen pembentangan bendera ini diikuti dengan khidmat oleh para peserta upacara yang berada di Istana Jakarta.

Usai Paskibraka sukses membentangkan bendera, para tamu menyambut dengan bertepuk tangan dan bersorak. Tepuk tangan juga terdengar setelah Sang Saka Merah Putih sukses berkibar.

Setelah Komandan Upacara melaporkan upacara telah selesai, ada yang menarik yang disampikan Jokowi. “Terima kasih, upacara berjalan dengan baik. Bubarkan,” kata Jokowi. Biasanya hanya kata “bubarkan” yang disampaikan Jokowi sebagai Inspektur Upacara.

Upacara diakhiri dengan penampilan spektakuler dari tim Garuda Flight yang menggunakan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Tim ini menampilkan tiga manuver utama: belokan tajam, pendakian spiral dengan kecepatan tinggi, dan manuver bomb burst yang menciptakan efek visual pesawat terpecah menjadi beberapa formasi sebelum bergabung kembali.

Para tamu undangan tampak antusias menyaksikan atraksi tersebut. Warga yang turut menyaksikan jalannya upacara di sekitar lokasi upacara turut mengabadikan momen tersebut menggunakan telepon seluler.

Prosesi upacara yang digelar di dua lokasi ini membawa kelegaan bagi para peserta. Acara berjalan dengan lancar dan sukses, memenuhi harapan semua pihak yang terlibat.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengaku terharu saat mengikuti jalannya upacara. Baginya, upacara ini terasa sangat istimewa karena menjadi peringatan HUT RI terakhir yang diikutinya sebagai wakil presiden. Selain itu, upacara digelar di dua lokasi berbeda dengan lancar dan meriah. Ia pun berharap, IKN ke depan akan menjadi motor penggerak pembangunan yang lebih merata.

“Kami berharap (dengan IKN) ini makin terbangun persatuan, kebersamaan, keadilan, pemerataan untuk seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju ikutan bangga dengan gelaran upacara di IKN. Salah satunya, diungkap Sri Mulyani. Selain menyampaikan kebanggaannya, Bendahara Negara ini juga menyampaikan apresiasi terhadap Menteri Basuki atas kerja kerasnya membangun IKN. Selain sebagai Menteri PUPR, Basuki juga ditunjuk Presiden sebagai Kepala Otorita IKN.

“Pak Basuki Hadimuljono mbrebes Mili (mengalir air mata terus menerus terharu) selama upacara Hari Kemerdekaan sampai setelahnya,” kata Sri Mul lewat postingan di akun Ini.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, mata Pak Bas berkaca-kaca sepanjang acara, karena menahan rasa haru. “Tidak percaya dengan pencapaiannya dan sangat berterima kasih kepada semua yang telah mendukung kerja luar biasanya,” tulis Sri Mulyani.

Menurut Sri Mul, Pak Bas adalah sosok yang bertanggung jawab membangun IKN, dari nol menjadi luar biasa. Kata Sri Mul, Pak Bas adalah contoh hebat dan nyata dari sebuah dedikasi tinggi dan pengabdian paripurna. Meski tugas belum selesai, lanjut dia, seluruh masyarakat patut berbangga dengan kerja luar biasa dan capaiannya.

“Ikut bangga dan terharu..! Hebat luar biasa. Kudo!” seru Sri Mulyani.

Menko Luhut Pandjaitan ikut bersyukur dan lega, pembangunan IKN sudah terlihat hasilnya. Luhut pun optimis visi Indonesia Emas 2045 akan tercapai. “Saya bilang sangat bisa, sangat bisa. Karena Pak Presiden terpilih juga punya visi yang sama dengan Pak Jokowi. Dan kita lihat transfer of power itu sangat bagus. Pak Prabowo pun komit untuk meneruskan pembangunan ibu kota Nusantara,” ujar Luhut.

Presiden terpilih Prabowo Subianto ikut terkesan dengan gelaran upacara di IKN. Mantn Danjen Kopassus itu pun berniat akan menggelar upacara HUT RI tahun depan tetap di IKN. Pernyataan ini disampaikan Prabowo saat mendampingi Presiden Jokowi konfrensi pers di IKN.

Dalam konfrensi pers itu, Jokowi ditanya media soal pelaksanaan upacara HUT RI tahun depan. Kata Jokowi, soal ke depan, silakan tanya ke Prabowo yang berada tepat di sampingnya. Dia menyerahkan keputusan tersebut kepada Prabowo sebagai presiden terpilih.

Tanpa basa-basi, Prabowo dengan mantap mengatakan soal komitmennya. Kata dia, HUT RI yang akan datang tetap digelar di IKN. “Insya Allah nanti akan di sini lagi,” kata Prabowo.

Meskipun Prabowo belum memastikan apakah upacara HUT RI tahun depan akan digelar di dua lokasi seperti tahun ini, ia menegaskan, IKN akan tetap menjadi tempat utama pelaksanaan upacara.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo