TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

9 Menteri Diperintahkan Presiden Pimpin Upacara Di Daerah 3T

Oleh: Farhan
Minggu, 18 Agustus 2024 | 08:56 WIB
Menteri KLHK menjadi Inspektur Upacara di NTB. Foto : Ist
Menteri KLHK menjadi Inspektur Upacara di NTB. Foto : Ist

IKN - Presiden Jokowi tidak ingin kemeriahan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia hanya dirasakan di Ibu Kota Negera (IKN Nusantara) dan Istana Negara, Jakarta. Mantan Wali Kota Solo itu pun memerintahkan sembilan menterinya untuk memimpin upacara di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Perintah Jokowi kepada sembilan menteri itu, tertuang dalam surat bernomor B-30 /M/S/ TU.00.03/08/2024 yang diteken Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pada 14 Agustus 2024.

Di dalam surat yang Redaksi peroleh salinannya tersebut, Pratikno mengatakan, Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Rl akan diselenggarakan secara terpusat di IKN dan lstana Merdeka. Namun, sesuai arahan Presiden, kemeriahan dan semarak HUT RI juga harus menyentuh daerah 3T di seluruh pelosok Tanah Air.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan menteri untuk menjadi lnspektur Upacara atau mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Rl pada 17 Agustus 2024 di daerah 3T, yang lokasinya menyesuaikan perkenan menteri,” tulis Pratikno dalam surat tersebut.

Sembilan menteri yang disebut dalam surat itu adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim; Menteri Sosial Tri Rismaharini; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Lalu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Halim Iskandar; Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Menteri Bintang Puspayoga, serta Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Mendapat perintah tersebut, para menteri langsung menjalankan tugasnya. Misalnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang melaksanakan Upacara HUT ke-79 RI di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Usai upacara, Siti juga menyapa para pendaki, dan menemui kelompok masyarakat konservasi. “Saya juga melepaskan secara liar Elang Bondol atas nama Anjani dan Jayengrana,” tuturnya.

Ia juga mengingatkan, kemerdekaan yang didapat bukan hanya kemerdekaan politik, tetapi juga kemerdekaan dalam arti yang lebih luas. Yakni, untuk hidup di lingkungan yang sehat dan lestari, dan untuk hidup sejahtera.

Tak lupa, politisi Partai NasDem ini menyampaikan salam dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Juga salam dari Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden terpilih.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menjadi Inspektur Upacara di Pelataran Museum Geologi Bandung. Ia mengungkapkan, tema HUT ke-79 RI tahun ini yaitu ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

“Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk menyambut ibu kota baru, yaitu Ibu Kota Nusantara dan senantiasa memberi kita semangat untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kementerian ESDM berupaya mengejar kemandirian energi bangsa Indonesia. Sehingga produk kebijakan dan regulasi yang ditelurkan harus menunjang untuk pencapaian tersebut.

Lalu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga memilih mengikuti upacara di Desa Loyok, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) karena memberi dampak positif bagi masyarakat.

Kata Bintang, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung pembangunan di desa. Khususnya masyarakat Lombok Timur yang dikenal religius dan berpegang teguh pada nilai-nilai keagamaan.

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengikuti upacara di Lapangan Sepak Bola Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Dito hadir mengenakan seragam defile yang dikenakan kontingen Indonesia saat Olimpiade 2024 Paris.

Ia memaknai perayaan HUT RI tahun ini dengan mengingat jasa para pahlawan kemerdekaan. Selain juga sebagai momentum untuk merefleksi diri agar generasi muda semakin maju.

Dalam kesempatan itu, Sandi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara itu mengenakan, pakaian adat dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Menurut Sandiaga, peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini bagian momentum merayakan kebersamaan dan persatuan Indonesia.

Sedangkan, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melaksanakan upacara di Alun-alun Rangkasbitung, Banten, bersama Pemerintah Kabupaten Lebak.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo