TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Indeks Inflasi di Kota Tangerang Stabil dengan Angka 2,65 Persen

Oleh: mg2/cmb
Selasa, 03 September 2024 | 08:02 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

KOTA TANGERANG - Kota Tangerang kembali melanjutkan tren positif di bidang pertumbuhan ekonomi. Terbaru, indeks inflasi dalam kondisi stabil dengan angka 2,65 persen.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, indeks inflasi pada Agustus 2024 mengalami sedikit kenaikan dari bulan sebelumnya. Tetapi berada dalam rentang yang aman dan stabil.

“Dari data yang kami miliki, inflasi tahun ke tahun pada bulan ini hanya 2,65 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) mencapai 105,7. Itu menunjukkan bahwa kondisi inflasi tetap terkendali,” ujarnya.

Jika dibandingkan dengan awal semester kedua di tahun-tahun sebelumnya, inflasi bulan ini menunjukkan perbaikan signifikan. Pada Agustus 2023, inflasi tercatat 2,81 persen, sementara tahun sekarang turun menjadi 2,65 persen, mencatat penurunan sebesar 0,16 persen.

Ia juga menyebut bahwa stabilitas inflasi di Kota Tangerang didukung oleh penurunan harga yang signifikan pada beberapa komoditas penting, seperti daging, ayam ras, telur ayam, bawang merah, daging sapi, tempe dan sayuran.

“Inflasi yang stabil sangat penting untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi lokal. Bahkan, jika dilihat dari perhitungan 'month to month', inflasi hanya naik 0,04 persen dan secara 'year to date' hanya sebesar 1,13 persen,” ucapnya.

Dengan stabilitas ini, Kota Tangerang diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi pada semester kedua 2024, menciptakan peluang baru dan memperkuat fondasi ekonomi yang sudah ada.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, berdialog dengan para petinggi dan pengurus PT Panarub yang merupakan salah satu industri terbesar di Kota Tangerang. Kunjungannya tersebut guna membahas pentingnya ekosistem industri dan iklim investasi yang sehat dan kondusif di Kota Tangerang.

“Tentunya selain iklim investasi yang kondusif, tak kalah pentingnya adalah bagaimana agar industri dapat ikut memberikan dampak ekonomi serta sosial bagi sekitarnya,” tuturnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo