TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pimpinan Sementara Dewan Kebut Pembentukan Fraksi & Tatib

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 04 September 2024 | 07:15 WIB
Pimpinan sementara DPRD Tangsel Rahmat Hidayat.(dra)
Pimpinan sementara DPRD Tangsel Rahmat Hidayat.(dra)

SETU-Pimpinan sementara DPRD Kota Tangsel, Rahmat Hidayat bersama Ricky Yuanda Bastian mulai mengerjakan tugas-tugas utama pada awal periode 2024-2029.

 Rahmat mengatakan, salah satu tugas pimpinan DPRD sementara adalah dengan mendorong pembentukan fraksi-fraksi di DPRD. Dia pun mengaku akan segera mengirimkan surat ke parpol-parpol anggota DPRD tersebut berasal.

 "Kita akan menyurati semua partai agar secepatnya mengirimkan nama-namanya kepada kita. Ini untuk pembentukan fraksi dan pimpinan fraksi," kata Rahmat di Gedung DPRD Tangsel, Selasa (3/9).

 Menurut Rahmat, setelah fraksi-fraksi DPRD Kota Tangsel terbentuk melalui rapat paripurna, maka selanjutnya adalah pembahasan tata tertib (Tatib) hingga pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD).

.AKD itu sendiri, kata Rahmat meliputi para pimpinan dewan, badan, hingga komisi-komisi di DPRD Kota Tangsel. Melalui kelengkapan AKD, Rahmat menegaskan bahwa rapat-rapat kerja baik di komisi ataupun badan bisa segera terlaksana.

 Kendati begitu, Rahmat belum bisa memastikan kapan AKD DPRD Kota Tangsel tersebut terbentuk secara definitif. Namun, ia akan konsen meskipun agenda dan jadwal yang sudah ada terbilang cukup padat.

 "Dalam waktu dekat lah ya. Karena kita juga harus mengejar agenda pembahasan APBD 2025 dan juga pembahasan hasil evaluasi dari Gubernur terkait APBD 2024. Kita konsen pembentukan AKD ini harus tuntas sebelum pembahasan itu," ujarnya.

 Sekretaris DPRD Kota Tangsel, Wahyudi Leksono berharap struktur fraksi yang di usulkan dari masing-masing parpol, bisa diterima dalam minggu-minggu ini.

 Setelah nama-nama usulan parpol diterima, pihaknya akan mengusulkan ke Gubernur Banten agar dibuatkan SK (Surat Keputusan) penetapan pimpinan.

 "Mudah-mudahan seminggu dari sekarang nih, usulan dari partai sudah kita terima. Tinggal kita agendakan paripurna pembentukan fraksi," ungkapnya.

 Wahyudi menyebutkan, jika struktur fraksi sudah terbentuk, tentunya akan memudahkan efektifitas kerja pimpinan sementara DPRD. "Banyak hal yang harus kita matching-kan, salahsatunya itu tadi, pembahasan APBD 2025 dan lain-lainnya," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo