TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hormati Paus, Jokowi Ganti Mobil Pakai Innova RI 1

Laporan: AY
Jumat, 06 September 2024 | 08:28 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Dua hari ini, Presiden Jokowi memilih menggunakan kendaraan Toyota Kijang Innova Zenix berpelat RI 1. Keputusan itu diambil demi menghormati pemimpin tertinggi gereja Katholik dunia, Paus Fransiskus yang selama di Jakarta, menggunakan kendaraan merek serupa.

Jokowi mulai menggunakan Innova usai menerima Paus, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024) pagi. Sore harinya, saat pulang menuju Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi yang biasanya memakai mobil dinas Mercedes-Benz S 600 Guard, memilih menggunakan mobil Innova Zenix.

Jenis mobil tersebut persis seperti yang digunakan Paus selama di Indonesia. Bedanya, mobil yang dipakai Paus berwarna putih, sementara yang ditumpangi Jokowi bercat hitam metalik. Perbedaan lainnya, mobil yang ditumpangi Jokowi berpelat RI 1, sedangkan yang dipake Paus berpelat SCV 1. SCV berarti 'Status Civitatis Vaticanae' atau Negara Kota Vatikan, sedangkan angka 1 mengacu pada orang nomor wahid di negara itu.

Mobil Innova Zenix yang dipakai Jokowi diketahui melintas di Jalan Sudirman Jakarta Pusat. Mobil pabrikan asal Jepang itu, dikawal sejumlah kendaraan Paspampres.

Keesokan harinya, Jokowi tetap menggunakan Innova Zenix sebagai kendaraan pribadinya. Pemandangan itu, terlihat saat Jokowi datang ke Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024) sore, untuk menyambut kedatangan Paus yang akan memimpin misa akbar.

Jokowi tiba di Stadion Madya sekitar pukul 15.48 WIB dengan kendaraan yang sama saat pulang ke Bogor.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan pakaian batik cokelat. Didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Kepala Negara juga disambut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Kenapa Presiden mengganti mobil dinasnya? Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi menyebut Jokowi menggunakan Toyota Innova Zenix sebagai bentuk penghormatan kepada Paus. "Itu bentuk penghormatan," kata Hasan Nasbi, Kamis (5/9/2024).

Menurut Hasan, penggunanaan mobil serupa dengan yang ditumpangi Paus tidak perlu dibesar-besarkan. Karena hal itu adalah sesuatu yang wajar. Sekalipun pada kesempatan sebelumnya Jokowi juga sudah sering menggunakan kendaraan biasa untuk menunjang kegiatan sehari-harinya.

"Mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi," tandas Founder Cyrus Network itu.

Hasan lantas menganalogikan ketika Jokowi menghadiri acara partai politik. Di mana, Kepala Negara hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai yang mengundangnya. "Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," sebut dia.

Sekadar informasi, Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024) sekitar pukul 11.30 WIB. Ini merupakan rangkaian perjalanan apostolik ke kawasan Asia Pasifik

Sejak dari Bandara Soetta hingga melakukan sejumlah kegiatan, Paus menaiki mobil Toyota Innova Zenix Hybrid Putih dengan kaca transparan. Paus duduk di depan. Di samping sopir.

Bahkan, saat melakukan pertemuan dengan Jokowi di Istana Negara, Paus juga menggunakan Innova Zenix. Padahal, kedatangan Paus disambut dengan upacara kenegaraan. Namun, mobil tersebut tetap melintas di antara pasukan penyambutan.

Di sisi lain, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam merasa terhormat, mobil buatan TMMIN bisa dipakai pemimpin negara dan tokoh dunia. “Kehormatan dapat menghadirkan kendaraan bagi semua kalangan,” ujarnya kepada Redaksi, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/7/2024).

Menurut Bob, Kijang Innova Zenix Hybrid memang dikembangkan berdasarkan kebutuhan masyarakat Indonesia. Bahkan, Kijang Innova Zenix Hybrid juga sudah di ekspor ke manca negara.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo