TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ngantor Di IKN, Jokowi Tetap Blusukan

Laporan: AY
Rabu, 11 September 2024 | 08:03 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SUMUT - Presiden Jokowi akan berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, hingga purnatugas. Meski begitu, Jokowi akan tetap blusukan ke daerah di sisa-sisa masa baktinya itu.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan terkait rencananya ngantor di IKN dari 10 September-19 Oktober 2024, usai meninjau stabilitas harga bahan pokok, di Delimas Pasar Raya, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (10/9/2024).

Jokowi bilang, tidak akan selalu berkantor di IKN. Sesekali, akan tetap melakukan kunjungan ke berbagai daerah. “Saya muter ke semua daerah,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku, aktivitas di IKN memang akan lebih banyak, tapi kunjungan kerja ke berbagai daerah tidak bakal dilupakan. Terkait teknis perjalanan dari IKN, Jokowi belum bisa memastikan, apakah akan terbang melalui bandara baru atau tidak.

“Ya kita melihat kondisinya, kalau bandara baru siap untuk bisa terbang, ya dari bandara baru, kalau nggak, ya dari Balikpapan,” ungkapnya.

Jokowi juga menyampaikan, selama berada di IKN, kegiatan yang akan dilakukannya tetap berkaitan dengan tugas pemerintahan. Selain itu, Jokowi juga direncanakan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah proyek yang melibatkan investor baru.

“Ya rapat-rapat dengan menteri, menerima tamu-tamu seperti biasanya, dan juga groundbreaking beberapa investor yang masuk,” ucap Jokowi.

Terpisah, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi menjelaskan alasan Jokowi akan menghabiskan masa jabatannya di IKN. Kata Hasan, Istana Garuda sebagai kantor Presiden di IKN sudah bisa digunakan.

"Jadi, wajar jika Presiden Jokowi ingin merasakan bekerja di Istana Garuda sebelum estafet pemerintahan diserahkan kepada Presiden berikutnya. Bagaimanapun, ini legacy-nya beliau," sebut Hasan.

Menurut Hasan, meski bekerja di IKN, Jokowi tetap bisa melakukan kunjungan kerja ke daerah lain dengan berangkat dari Nusantara. Selain itu, Jokowi juga bisa saja mendelegasikan beberapa agenda kerjanya kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Blusukan Ke Sumut

Kemarin, Jokowi masih belum berkantor di IKN. Kepala Negara masih melakukan blusukan ke Pasar Delimas Raya, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Jokowi tiba sekitar pukul 08.50 WIB. Jokowi disambut riuhnya tepuk tangan dan nyanyian spontan dari masyarakat yang menyenandungkan "Terima kasih...Pak Jokowi."

Setibanya di pasar, Jokowi langsung berkeliling meninjau harga sejumlah komoditas penting seperti bawang merah, cabai, dan bahan pokok lainnya. Ketika meninjau harga-harga tersebut, Kepala Negara tampak bahagia saat melihat harga bahan pangan turun, menunjukkan adanya stabilitas yang baik.

Jokowi lalu mengeluarkan megafon dan mengucapkan salam kepada warga dan pedagang pasar. “Bapak atau ibu sekalian yang saya hormati, selamat pagi,” sapanya, memulai sambutan.

Jokowi kemudian melaporkan kondisi pasar yang dia tinjau. Menurut Jokowi, harga sejumlah komoditas cukup baik, mulai dari bawang merah, bawang putih, hingga cabe merah karena produksinya yang semakin baik.

“Semakin banyak sehingga harganya menjadi turun. Ini sebuah patut kita syukuri bersama,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memanfaatkan momen tersebut untuk pamit sebagai Presiden yang akan segera berakhir pada 20 Oktober mendatang. “Saya ingin pamit karena sebulan lagi saya sudah tidak menjabat sebagai Presiden,” teriak Jokowi.

Jokowi pun menyampaikan permohonan maaf jika ada kebijakan-kebijakan selama masa kepemimpinannya yang tidak berkenan di hati rakyat.

Sore harinya, Jokowi kembali ke Jakarta. Jadwal Jokowi menyaksikan laga Timnas Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sebelumnya, rencana Jokowi berkantor di IKN disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Kata dia, Jokowi akan berkantor di IKN mulai 10 September 2024 hingga 19 Oktober 2024.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo