TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemain Naturalisasi 100 Persen Punya Darah Asli Indonesia

Laporan: Dzikri
Rabu, 18 September 2024 | 08:06 WIB
Pemain Naturalisasi Timnas. Foto : Ist
Pemain Naturalisasi Timnas. Foto : Ist

JAKARTA - Menpora Dito Ariotedjo memastikan pemain naturalisasi yang akan membela timnas Indonesia memiliki darah orang asli Indonesia.

Menpora menjelaskan itu saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, yang merekomendasi kewarganegaraan dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pada Selasa (17/9).

"Terima kasih atas dukungan dan persetujuan dari Komisi X DPR RI dalam proses permohonan kewarganegaraan," kata Menpora, Dito Ariotedjo.

"Pemain-pemain yang kami proses 100 persen memiliki darah Indonesia. Ini agar peringkat Indonesia di FIFA bisa tembus 100. Terkait pembibitan usia muda tidak perlu diragukan. Karena saat ini banyak sekali kompetisi dari U-7 sampai U-12," kata Menpora.

Mess Hilgers saat ini bermain di FC Twente, Belanda dan kelahiran 13 Mei 2001, sedangkan Eliano Reijnders bermain di PEC Zwolle, Belanda, kelahiran 23 Oktober 2000.

Darah Indonesia yang dimiliki Mauro Ziljstra berasal dari sang ibu, atau tepatnya dari nenek Mauro yang berasal dari Bandung.

Karier sepak bola Mauro Zijlstra diawali pada 2019 silam saat ia bergabung dengan AZ Alkmaar, kemudian pindah ke AFC Amsterdam. 

Sementara Eliano diketahui memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Syane Lekatompessy. Ibunya lahir di Jakarta pada 18 November 1976.

Kakek Eliano asli orang Indonesia yakni Jantje Lekatompessy yang lahir di Meester Cornelis (Jatinegara), Jakarta pada 29 Desember 1947. 

Sekjen PSSI, Yunus Nusi juga bersyukur atas persetujuan rekomendasi proses naturalisasi yang diberikan Komisi III dan Komisi X kepada Mess Hilgers dan Eliano Reijnders.

"Mewakili Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Komisi X dan Komisi III DPR RI yang telah memberikan rekomendasi proses naturalisasi yang diberikan kepada Mess Hilgers dan Eliano Reijnders tentunya dukungan untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Semoga dalam waktu dekat mereka bisa debut bersama timnas Indonesia,'' kata Yunus Nusi.

Setelah ini, proses naturalisasi berlanjut ke rapat paripurna DPR, dan berlanjut ke Keputusan Presiden (Keppres). Dari situ, tahap terakhirnya adalah diambil sumpah kewarganegaraan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Seusai menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), baru dua pemain tersebut melakukan perpindahan federasi.

Timnas Indonesia dalam waktu dekat akan menjalani dua pertandingan lanjutan Ronde Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober mendatang. Skuad Garuda akan bertandang ke Bahrain (10 Oktober) dan China (15 Oktober).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo