TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jumlah Wisatawan WNA Ke Bali Naik 22,6 Persen

Laporan: AY
Rabu, 18 September 2024 | 19:13 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Data perlintasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada periode antara Januari-Agustus 2023 dan Januari-Agustus 2024 menunjukkan adanya kenaikan signifikan kedatangan warga negara asing (WNA).

Pada tahun 2023 di periode tersebut, tercatat sebanyak 3.641.896 orang WNA masuk ke Bali. Sementara pada tahun 2024 di periode yang sama terjadi kenaikan angka kedatangan sebesar 22,62 persen menjadi 4.465.685 orang.

Dengan demikian, terdapat tambahan 823.789 WNA yang tiba di bandara Bali. Adapun jumlah WNA yang melintas keluar (keberangkatan) yakni sebanyak 4.481.939 orang, sehingga total penumpang asing yang melintasi Bandara Ngurah Rai Bali selama Januari-Agustus 2024 mencapai 8.947.264 orang.

“Kalau kami lihat trennya ada peningkatan (kedatangan WNA) lebih dari 22.6 persen dibanding tahun lalu, meskipun untuk masuk ke Indonesia sebagian besar harus punya visa,” jelas Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim pada Rabu (18/09/2024).

Selain tingginya daya tarik Bali di mata internasional, Silmy menyebutkan, kemudahan pengajuan visa melalui platform online evisa.imigrasi.go.id ditengarai menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tren peningkatan kedatangan WNA.

“Walaupun harus (ke Bali) pakai visa, tapi karena kami sediakan online platform, mereka bisa ajukan visa, langsung bisa bayar pakai kartu debit/kredit. Kami buat mudah pengajuannya seperti belanja di marketplace saja. Seamless experience bagi WNA ini saya rasa jadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh,” sambung Silmy.

Silmy juga menyebut faktor lainnya yaitu kebijakan visa Indonesia yang memudahkan, spesifik sesuai dengan variasi aktivitas WNA di Indonesia. Kenaikan angka kedatangan WNA tersebut mencerminkan peningkatan aktivitas penerbangan dan pergerakan penumpang pasca-pandemi.

Silmy menyebut, tingginya angka perlintasan tersebut perlu didukung dengan peningkatan pelayanan berbasis digital yang berkelanjutan. "Saya lihat ini tren yang positif. Progress kami semakin baik dan semoga tetap baik ke depannya. Kami usahakan supaya yang masuk adalah pelintas berkualitas dan bagaimana caranya mereka bisa dapat experience yang terbaik di Indonesia," tutup Silmy.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo