TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Happy Banget, Bandara VVIP IKN Rampung Sesuai Rencana

Laporan: AY
Rabu, 25 September 2024 | 08:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Untuk pertama kalinya, Presiden Jokowi ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak melalui Bandara Sepinggan, Balikpapan. Pesawat Kepresidenan RJ85 yang membawa Jokowi langsung mendarat di Bandara Nusantara IKN yang baru selesai dibangun. Jokowi happy banget bisa melakukan pendaratan perdana di IKN.

Setelah melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah, di Kalimantan Barat (Kalbar) Selasa (24/9/2024) pagi, Jokowi langsung bertolak ke IKN. Jokowi bersama rombongan menumpangi Pesawat Kepresidenan dari Pontianak, Kal­bar, menuju IKN. Proses pendaratan berjalan lancar pada pukul 16.09 WITA.

Usai mendarat, pesawat kemu­dian menyusuri sepanjang runway, sebelum akhirnya berbalik arah menuju bandara. Mendekati pintu kedatangan bandara, pesawat disambut dua pemadam kebakaran yang ada di sisi kanan dan kiri. Mobil pemadam kebakaran tersebut langsung menyemprotkan air ke arah pesawat yang ditumpangi Jokowi dan rombongan.

Setelah itu, Jokowi turun dari pesawat dan berjalan menuju pintu kedatangan. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Wakil Ke­pala Otorita IKN (OIKN), Raja Juli Antoni yang tiba lebih dulu langsung menyambut Jokowi. Sejumlah pekerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berada di lokasi juga menyambut pendaratan Kepala Negara.

Ketika ditanya kesannya jajal landasan Bandara Nusantara, Jokowi tersenyum lebar. Jokowi mengaku puas dengan pembangunan fasilitas utama dan pendukung di Bandara IKN.

"(Pendaratan) mulus. Tidak terlalu besar (bandaranya), tapi lebih dari cukup," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu bersyu­kur akhirnya bisa merasakan mendarat di Bandara Udara IKN. "Alhamdulil­lah semua berjalan dengan lancar, ini adalah pertama kali saya turun di Ban­dara Nusantara, Nusantara Airport," sambung dia.

Dalam keterangan pers itu, Jokowi juga meminta kepada Menteri Per­hubungan Budi Karya Sumadi untuk mengubah status Bandara Nusantara dari VVIP menjadi komersial. Jokowi ingin bandara tersebut tidak hanya melayani penerbangan untuk VVIP saja, tapi juga masyarakat umum.

Airport komersial untuk haji, untuk umroh, kemudian untuk yang lain-lainnya," kata Jokowi yang disambut anggukan kepala dari Budi Karya.

Untuk diketahui, pembangunan Ban­dara Nusantara ditargetkan rampung pada Desember 2024. Jokowi menyebut Bandara Nusantara dapat menampung 7 juta penumpang per tahun apabila sudah berstatus bandara komersial.

"Ini mungkin sampai Desember, kapasitas 200 ribut, tapi setelah men­jadi komersial nanti bisa kapasitas sampai ke 7 juta pertahun," tegasnya

kesempatan sama, Budi Karya Sumadi mengaku lega, semuanya berjalan normal. Kata dia, persiapan pendaratan pesawat kepresidenan telah dilakukan selama beberapa minggu belakangan.

“Hari ini, 24 September, saya di Bandara Nusantara. Hari ini adalah pendaratan bersejarah, Alhamdulillah Pak Presiden sudah mendarat di sini," kata Menhub.

Budi Karya juga menuturkan bahwa pengerjaan Terminal VVIP Bandara Nusantara hampir rampung. "Di situ ada bangunan (terminal VVIP) yang begitu monumental, adalah suatu arsitektur Ka­limantan, tetapi kita elaborasi menjadi sesuatu yang dinamis,” sambungnya.

Melihat kondisi saat ini, Budi Karya optimis Bandara Nusantara akan selesai dibangun secara keseluruhan, dengan runway sepanjang 3.000 meter, sesuai tar­get waktu yakni 31 Desember 2024. Saat ini Bandara Nusantara memiliki landasan pacu berukuran 2.200 x 30 meter.

Sederet uji coba terbang dan menda­rat sudah dilakukan di Bandara Nusan­tara untuk melihat keselamatan dan keamanan penerbangan. Verifikasi bandara dilakukan pada 8-9 September 2024, kemudian kalibrasi dilakukan pada 10 September 2024 oleh Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Kementerian Perhubungan.

Selain itu, tiga pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) juga telah melakukan uji coba di Bandara Nu­santara pada 14, 15, dan 20 September 2024 dengan tiga tipe pesawat, yakni Casa 212/A-2104, CN 295/A-2905, serta Hercules C130/A-1338. Uji coba tersebut berjalan lancar dan sukses.

Berkantor Di IKN

Dengan mendarat di Bandara Nu­santara, Jokowi berencana untuk kembali ngantor di IKN. Selamat di IKN ini, Jokowi diagendakan melaku­kan peletakan batu pertama (ground­breaking) beberapa proyek investasi. Termasuk investasi asing.

"Ada tiga (investor) asingnya, dan yang swasta nasional, dan juga peres­mian beberapa yang sudah selesai," beber Jokowi.

Ketika ditanya siapa investor asing yang menginvestasikan sahamnya di IKN, Jokowi belum bisa membocor­kannya. Dia meminta wartawan terus mengikuti kegiatannya selama di IKN.

"Kita lihat, kalau kegiatan yang banyak itu memang masih di Jakarta. Akan tetapi, kita ingin coba kelola dari sini seperti apa, manajemen dari sini seperti apa," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden juga akan melakukan kun­jungan kerja ke daerah, termasuk bolak-balik ke Jakarta lewat Bandara Nusantara. "Besok di sini. Wong tu­runnya ada di sini, nanti coba naik dari sana (Jakarta)," pungkas Jokowi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo