TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Aliran Limbah Industri Beton Cemari Tandon Nusaloka Serpong

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 01 Oktober 2024 | 14:51 WIB
Aliran limbah yang berasal dari salah satu industri beton. (tangselpos.id/rmn)
Aliran limbah yang berasal dari salah satu industri beton. (tangselpos.id/rmn)

SERPONG - Aliran limbah yang berasal dari salah satu industri beton mengucur ke saluran air yang mengarah ke Tandon Nusaloka Ciater, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Sehingga, wadah perairan milik daerah tersebut terancam tercemar.

Pantauan awak media di lokasi, limbah tersebut bersumber dari asaluran pembuangan di sisi belakang bangunan industri beton. 

Aliran limbah tersebut, cukup pekat dan bercampur partikel semen. 

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Pengawasan Lingkungan (PPKL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Carsono menegaskan, limbah industri tak boleh dibuang langsung ke dalam saluran umum. 

 "Itu tidak boleh. Ini lokasi di mana? biar staf pengawas cek ke lokasi dulu," tegas Carsono, dikutip Selasa (1/10/2024). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, industri beton tersebut telah beroperasi sejak sekitar 2022 silam. Area industri berdiri di tanah yang cukup luas.

Saat dikonfirmasi awak media, pihak industri mengaku kecolongan atas kejadian itu. 

Supervisor yang mengaku bernama Reynaldo menyebut, secara aturan pihak industri melarang pembuangan limbah langsung ke saluran umum.

"Secara peraturan kita tidak memerbolehkan. Kita selalu mengawasi, cuman mungkin karena human eror. Nanti kita kroscek dulu," ucap Reynaldo.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo