TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tok! Ketua DPR 2024-2029 Dijabat Kembali Puan Maharani

Laporan: AY
Selasa, 01 Oktober 2024 | 19:27 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani kembali ditetapkan sebagai Ketua DPR untuk periode 2024-2029. Penetapan tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). 

Dalam rapat itu, seluruh peserta menyetujui keputusan yang menetapkan Puan sebagai pemimpin parlemen Indonesia untuk periode kedua kalinya.

“Apakah dapat disetujui dan ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029, saya minta pendapatnya? Setuju?” tanya Ketua DPR sementara Guntur Sasono saat memimpin rapat. Seluruh peserta rapat menjawab dengan tegas, “Setuju!”

Selain Puan, Rapat Paripurna juga menetapkan empat Wakil Ketua DPR yang akan mendampinginya. Mereka adalah Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco dari Fraksi Partai Gerindra, Saan Mustopa dari Fraksi Partai NasDem, dan Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB.

Guntur Sasono menjelaskan bahwa penetapan pimpinan DPR kali ini merupakan hasil dari rapat konsultasi pimpinan sementara DPR bersama perwakilan partai politik yang digelar sebelumnya. 

Nama-nama tersebut, sebutnya merupakan kesepakatan bersama setelah melalui rapat konsultasi antara pimpinan sementara dan partai politik.

Penetapan pimpinan DPR didasarkan pada ketentuan Pasal 427D dalam UU MD3, yang menyebutkan bahwa pimpinan DPR terdiri dari satu ketua dan empat wakil ketua. Posisi-posisi tersebut dialokasikan untuk partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPR.

Diketahui, Puan Maharani sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPR pada periode 2019-2024. Selain itu, Sufmi Dasco juga kembali menjabat sebagai Wakil Ketua DPR setelah mengisi posisi yang sama pada periode sebelumnya.

Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal juga merupakan anggota DPR petahana yang telah bertugas pada periode 2019-2024.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo