TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wujudkan Keluarga yang Berkualitas, Pemkot Tangsel Tingkatkan Kapasitas Kader Puspaga

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 02 Oktober 2024 | 15:41 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT -  Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas keluarga seluruh masyarakat di wilayahnya. 

Salah satu caranya, yakni dengan memberi peningkatan kapasitas kepada para kader Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang menjadi penghubung antara pemerintah dan masyarakat secara langsung. 

Peningkatan kapasitas para kader Puspaga tersebut berlangsung di Puspemkot Tangsel, Rabu (2/10/2024).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB Kota Tangsel, Mercy Apriyanti menerangkan, peningkatan kualitas ini digelar dalam rangka penguatan dan pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kualitas Keluarga (LPLPKK).

"Dalam mewujudkan kesetaraan gender dan hak anak. Peningkatan kapasitas ini dilakukan kepada 75 kader Puspaga," ujar Mercy. 

Ia menerangkan, untuk mewujudkan kesetaraan gender dan memenuhi hak anak, keluarga harus mampu memahami dinamika dalam keluarganya itu sendiri. 

'Siklus hidup keluarga, serta berbagai masalah yang umum dihadapi keluarga. Hal yang harus dipahami adalah, pertama terkait keterampilan komunikasi yang baik. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, orang tua, maupun lansia," jelasnya. 

Selain itu, kata Mercy, para kader juga harus memiliki keterampilan konseling. 

"Mampu memberikan konseling dan dukungan emosional kepada keluarga yang mengalami masalah," imbuhnya. 

Maka dengan peningkatan kapasitas ini, Ia berharap agar para kader dapat memberikan pemahaman terkait peningkatan kualitas keluarga kepada masyarakat sekitarnya.

"Jadi sifatnya sebelum ada kasus, masyarakat bisa konsultasi ke Puspaga melalui konseling," tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo