TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Ucapkan Terima Kasih Kepada Prabowo Pada HUT TNI Ke 79

Laporan: AY
Minggu, 06 Oktober 2024 | 08:10 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi begitu gembira menyaksikan peringatan HUT ke-79 TNI di akhir masa jabatannya, berlangsung begitu meriah. Apalagi, dalam perayaan yang digelar di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/204) itu, ikut dipamerkan berbagai alutsista TNI yang jauh lebih bagus dari sebelumnya. Tak heran, dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan terima kasih pada Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih, Prabowo Subianto atas kerja kerasnya meningkatkan kualitas dan kuantitas alutsista milik TNI.

Puncak perayaan HUT TNI tahun ini, terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Acara digelar lebih besar, meriah, dan terasa lebih merakyat. Kemeriahan ini, terlihat dari keterlibatan 100 ribu personel TNI dari tiga matra. Berbagai alutsista seperti tank tempur ikut dipamerkan. Saking banyaknya, peserta upacara dan alutsista tidak hanya ditempatkan di satu sisi lapangan, tetapi mengelilingi seluruh area lapangan Monas. 

Acara terasa spektakuler dengan berbagai demonstrasi militer. Beberapa di antaranya adalah aksi pasukan berkuda yang melompati halang rintang, hingga simulasi penyerbuan menggunakan senjata laras panjang. Ledakan-ledakan yang menghiasi pertunjukan menjadikan lapangan Monas seolah menjadi medan tempur. Melihat aksi tersebut, ribuan warga yang hadir bertepuk tangan. 

Decak kagum kembali bergemuruh saat atraksi dilanjutkan dengan terjun payung. Jokowi dan Prabowo yang duduk di mimbar kehormatan tersenyum bangga menyaksikan atraksi tersebut.

Perayaan HUT TNI tahun ini juga terasa lebih merakyat, terutama saat defile. Masyarakat diberi kesempatan untuk naik kendaraan alutsista seperti tank tempur. Anak-anak, ibu-ibu ikut berkeliling naik kendaraan tempur. Mereka bahkan ikut melambaikan tangan saat melewati mimbar kehormatan. Kegembiraan terlihat jelas dari raut wajah mereka. Aksi ini membuat para tamu undangan, seperti Jusuf Kalla dan Boediono tersenyum menyaksikan keceriaan tersebut.

Kesan merakyat dalam acara ini memang sangat terasa. Sejak pukul 6 pagi, ribuan warga sudah memadati Lapangan Monas. Sebagian diizinkan masuk ke area lapangan. Sebagian duduk, sebagian lagi lesehan di depan tenda yang disediakan. Sementara lainnya rela menonton dari balik pagar. Saking banyaknya warga yang hadir, petugas tampak kewalahan mengatur agar mereka tidak turun ke jalan dan menghalangi jalur defile.

Dalam acara ini, panitia juga menyediakan dapur umum untuk melayani para pengunjung. Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan pesta rakyat yang menampilkan artis-artis ibu kota. Menambah semarak acara. 

Upacara peringatan HUT TNI ke-79 dimulai pukul 8 pagi. Setengah jam sebelum upacara dimulai, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka sudah tiba di lokasi. Tak lama berselang, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba. Prabowo dan Gibran langsung menyambut kehadiran Jokowi. 

Prabowo menyalami Jokowi dan Iriana terlebih dahulu. Setelah itu, Gibran menyalami kedua orang tuanya, Jokowi dan Iriana. Jokowi tampak tertawa sejenak usai bersalaman dengan Gibran.

Mereka pun bersama-sama memasuki mimbar kehormatan. Jokowi, Prabowo, dan Wapres Ma'ruf Amin jalan terlebih dahulu, disusul Gibran dibelakangnya. Diikuti Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Di mimbar kehormatan, Jokowi, Ma'ruf Amin, dan Prabowo duduk berdekatan di barisan depan. Sementara itu, Gibran duduk di barisan kedua di sisi sebelah kiri Jokowi dan Prabowo.

Saat upacara dimulai, Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur berjalan ke depan didampingi Panglima TNI yang berdiri di sebelah kanan. Sedangkan di sebelah kiri, 3 kepala staf angkatan ; KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal M. Tonny Harjono, dan KSAL Muhammad Ali.

Rangkaian upacara diawali dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara Mayjen Djon Afriandi. Saat ini, Djon Afriandi menjabat sebagai Danjen Kopassus. Sedangkan bertindak sebagai Perwira Upacara, Brigjen Edi Saputra.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara diikuti dengan pemeriksaan pasukan. Presiden Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan komandan upacara berkeliling menggunakan kendaraan Maung. Jokowi berdiri di depan. Sementara Jenderal Agus dan Mayjen Djon berdiri di belakang. 

Selepas itu, rangkaian upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta bagi para arwah pahlawan yang dipimpin oleh inspektur upacara. Dilanjutkan dengan pengucapan sapta marga.

Setelahnya, Jokowi menyampaikan amanat kepada seluruh peserta upacara. Di awal pidatonya, Jokowi menyampaikan selamat hari ulang tahun kepada ke-79 kepada seluruh keluarga besar TNI. Ia mengapresiasi peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, persatuan, dan membantu berbagai tantangan.

Jokowi juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Prabowo dalam menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan RI. "Karena telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan, dengan modernisasi alutsista, mendorong industri pertahanan dalam negeri dan memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi," kata Jokowi. 

Melanjutkan pidatonya, Jokowi berharap TNI untuk dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada. Termasuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas untuk menghadapi tantangan masa depan yang makin kompleks. 

Presiden juga menegaskan pentingnya TNI untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Mulai dari institusi penegak hukum, perguruan tinggi, hingga pelaku industri pertahanan. Hal tersebut penting dalam rangka menjaga stabilitas nasional.

Presiden lalu menyampaikan dua peristiwa besar yang akan terjadi dalam waktu dekat, yaitu transisi kepemimpinan nasional pada 20 Oktober 2024 dan Pilkada serentak pada November 2024. Jokowi menginstruksikan TNI untuk menjaga stabilitas dan netralitas sehingga situasi dapat tetap kondusif.

“Jangan sampai ada riak yang berpotensi mengganggu keamanan negara. Dukung penuh kendaraan pilkada, jaga netralitas, jaga situasi agar tetap kondusif,” ujar Jokowi.

Mengakhiri sambutannya, Jokowi kembali menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar TNI yang telah mendukung pemerintahannya selama 10 tahun terakhir.

“Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh TNI. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” ucap Presiden. 

Berdasarkan data Global Fire Power Military, lembaga pemeringkat kekuatan militer dunia, tahun 2019 Indonesia berasa di posisi 16 dengan Power Index 0,2804. Namun, di Tahun 2024, Indonesia menempati peringkat ke-13 dengan skor Power Index 0,2251, dari total 145 negara yang dianalisis atau nomor 8 tertinggi di ASIA.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo