TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

ASN Akan Pindah Ke IKN Mulai Januari 2025

Oleh: Farhan
Rabu, 09 Oktober 2024 | 10:06 WIB
Rusun di IKN. Foto : Ist
Rusun di IKN. Foto : Ist

JAKARTA - Tahun depan, Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai pindah secara bertahap ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal itu sesuai perintah Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan, perintah yang dia terima dari Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, proses pemindahan ASN ke IKN ditargetkan mulai Januari 2025.

Sesuai UU ASN, lanjut dia, aparatur terpilih wajib pindah. Aturan tersebut menegaskan, ASN wajib dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan perwakilan NKRI yang berkedudukan di luar wilayah Indonesia.

“Kami segera siapkan skema dan pemberangkatannya,” ujar Anas di acara Gebyar Pelayanan Prima Kemenpan-RB di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Mantan Bupati Banyuwangi ini mengakui, pemindahan ASN ke IKN sempat terjadi beberapa kali penundaan. Hal itu dise­babkan ekosistem di IKN belum rampung terbangun.

“Tadinya (rencana perpinda­han ASN ke IKN) September, (lalu diundur) ke Oktober. Kami diminta Presiden beresin ekosistemnya,” imbuhnya.

Menurut Anas, Kemenpan-RB segera mempersiapkan insentif untuk ASN yang akan pindah ke IKN, termasuk menyiapkan sejumlah keperluan selanjut­nya. Saat ini, pihaknya fokus menyelesaikan dan mempersiap­kan berbagai data perpindahan tersebut.

“Sebentar lagi masa jabatan kami selesai, tapi tugasnya tam­bah di ujung-ujung. Berarti lem­bur lagi nanti malam,” cetusnya.

Terpisah, Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku sudah mendapat informasi dari Menteri Anas soal perintah Presiden terkait pemin­dahan ASN ke IKN mulai awal tahun depan.

 

Dia memastikan, masing-masing kementerian yang ada saat ini telah memiliki ruang menteri di IKN dan dapat di­pergunakan.

Soal hunian, lanjut Basuki, saat ini sudah ada lebih dari 10 apartemen atau rusun ASN yang siap ditinggali. Jumlah itu akan terus bertambah pada bulan berikutnya.

Apartemen ASN yang seka­rang sudah siap ada 13, su­dah full furnished, air, listrik, ac, semua sudah. November nanti ada 9 lagi, Desember semua selesai,” ungkap Basuki.

Mengenai jatah kamar, dia memastikan, satu ASN yang telah berkeluarga akan mendapat satu unit rusun ASN. Selain itu, Basuki memastikan, fasilitas penunjang seperti restoran atau tempat jajan, segera tersedia ba­gi para aparatur negara di IKN.

“Saya tinggal mempercepat yang komersial di Kemenko-Kemenko itu, untuk bisa diisi. Kemarin, excelso sudah ada di minimarket. Jadi, saya akan mendorong itu lebih cepat, utamanya untuk rumah makan. Makin banyak ASN, makin ban­yak kebutuhan rumah makan,” tuturnya.

Basuki menambahkan, saat ini Kemenpan-RB Tengah me­nyusun ASN mana saja dari tiap kementerian yang bakal pindah ke IKN di tahap awal. Dia pun mencontohkan proses pemindahan ASN tahap awal di instansinya.

Di media sosial X, perintah Presiden melakukan peminda­han ASN ke IKN mulai Januari 2025, menuai beragam tang­gapan.

Akun @DwiHardjajanto men­gusulkan para menteri dan ang­gota Dewan lebih dulu pindah ke IKN agar ASN termotivasi dan bersemangat.

“Usul, menteri-menteri dan Anggota DPR dulu deh yang pindah ke IKN. Kasih contoh dulu ke ASN. Kalau menteri sampai DPR mau pindah, ASN pasti akan ikut juga. Kalau ng­gak mau ikut, ya pecat saja. Sebab, mereka telah melangar sumpah jabatan ASN,” cuitnya.

“Sebentar-sebentar, agak bin­gung nih gue. Januari itu kan presidennya sudah ganti ya? Harusnya, keputusan ada di tangan Pak Prabowo dong ya,” timpal @YugoSapto.

Akun @purwahyuni85475 mendukung target Presiden Jokowi yang ingin memindah­kan ASN mulai tahun depan.

“Setahu aku, progres pem­bangunan hunian di Ibu Kota Nusantara hampir kelar, guys! Capai 95 persen nih! Sedikit lagi, IKN siap menyambut para ASN yang pindah akhir bulan ini,” tulisnya.

Akun @ManUtdKembalidriGoa222 memiliki pandangan berbeda. Dia mempertanyakan kesiapan IKN melayani kehidupan dasar para ASN dan keluarganya.

“ASN kan hidupnya nggak hanya kerja di kantor. Mereka juga perlu waktu untuk keluarga. Minimal, ada mall buat mereka jalan-jalan di IKN atau RS deh kalau ada ASN yang sakit,” kata dia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo