TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Di Balik Nikmatnya Gorengan, Ini Dampak Negatifnya

Oleh: Farhan
Minggu, 13 Oktober 2024 | 18:26 WIB
Aneka gorengan. Foto : Ist
Aneka gorengan. Foto : Ist

SERPONG - Siapa tak akrab dengan gorengan, makanan enak murah meriah yang mudah didapatkan hampir di mana saja? 

Gorengan adalah makanan yang digoreng dalam minyak panas, biasanya menggunakan bahan utama seperti tepung terigu, kentang, tahu, atau tempe. Berikut rincian penjelasan Gizi Nusantara mengenai kandungan utama gorengan, seperti disampaikan melalui akun Instagramnya:

Tepung Terigu: Tepung terigu adalah bahan utama dalam banyak gorengan. Tepung terigu mengandung karbohidrat sederhana yang cepat diserap tubuh dan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, jika dikonsumsi berlebihan.

Minyak Goreng: Gorengan yang digoreng dalam minyak, sering kali menggunakan minyak yang telah digunakan berulang kali (minyak jelantah). Minyak ini mengandung lemak trans dan senyawa berbahaya lainnya seperti akrilamida, yang dapat terbentuk ketika makanan bertepung digoreng pada suhu tinggi.

Tak hanya menjelaskan kandungan gorengan, Gizi Nusantara juga membeberkan dampak negatif camilan yang banyak difavoritkan masyarakat. Berikut uraiannya:

Meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak trans yang terbentuk selama proses penggorengan, terutama jika minyak digunakan berulang kali, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik HDL). Hal ini meningkatkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

Obesitas dan Kegemukan. Kandungan kalori yang tinggi dalam gorengan, terutama dari minyak dan tepung terigu, dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas, yang menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

Masalah Pencernaan. Lemak berlebih dalam gorengan dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan perut kembung, asam lambung meningkat, serta memperburuk kondisi seperti GERD.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo