TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Anies & Ganjar Siap Hadir Diacara Pelantikan Prabowo-Gibran

Oleh: Farhan
Senin, 14 Oktober 2024 | 09:56 WIB
Eks Capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Foto : Ist
Eks Capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Foto : Ist

JAKARTA - Eks Calon Presiden, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dipastikan bakal menghadiri pelatikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Jadwalnya, pelantikan akan dilakukan MPR pada Minggu 20 Oktober 2024. "Insya Allah datang," kata Ganjar, kemarin.

Ganjar mengamini bakal menghadiri pelantikan rivalnya di Pilpres 2024 lalu itu karena sudah menerima undangan dari Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR. “Undangan sudah saya terima dan dari Setjen MPR sudah kontak saya,” sebutnya.

Sebelumnya, eks Cawapres Mahfud MD lebih dahulu meng­klaim Capresnya itu akan hadir di pelantikan Prabowo-Gibran jika diundang. "Saya dengar Pak Ganjar akan datang," ka­ta Mahfud di Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini mengatakan, dirinya juga akan hadir dalam prosesi pelantikan Prabowo jika diundang. Sebelumnya, Mahfud berduet denganGanjar melawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Hasilnya, masyarakat lebihbanyak memilih Prabowo-Gibran dan memenangkan kon­testasi Pilpres 2024. "Ya harus kita hormati. Oleh sebab itu ketika dilantik saya akan meng­hormati," kata Mahfud.

Mantan Capres lainnya, Anies Baswedan juga dikabarkan bakal menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran. Hal itu, disampaikan Juru Bicara Anies, Syahrin Hamid. "Iya. Mas Anies akan hadir," katanya, kemarin.

Namun, Syahrin mengatakan undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang disam­paikan Kesetjenan MPR tersebut belum diterima Anies. Meski begitu, menurut dia, Anies men­jamin akan hadir memenuhi undangan.

Belum, undangan belum diterima. Pada prinsipnya, jika MPR mengundang Mas Anies untuk hadir pada acara pelantikan Presiden terpilih, pastinya akan hadir sepanjang tidak ada hal-hal yang membuat udzur," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua MPR, Ahmad Muzani mengatakan pihaknya berencana mengun­dang kandidat Pilpres, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, dalam pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Dia menyebutkan pelantikan Prabowo-Gibran bakal digelar di gedung Nusantara MPR di Senayan, Jakarta Pusat. "Dari presentasi yang disampaikan, rencananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilihan Umum 2024 akan di­laksanakan pada 20 Oktober pada hari Minggu jam 10 pagi di gedung DPR/MPR di gedung Nusantara," kata Muzani, Rabu (9/10/2024).

Politisi asal Tegal, Jawa Tengah ini menyebutkan kandidat di Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar Pranowo, dan Mahfud MD, akan diun­dang pada gelaran pelantikan. Muzani menyebut pihak MPR juga mengundang kepala-kepala negara lain.

"Insya Allah pelantikan akan dihadiri sejumlah tokoh, termasuk akan dihadiri selain presiden dan wakil presiden terpilih, kami akan undang kandidat Presiden, kan­didat Wakil Presiden dalam kon­testasi Pemilihan Presiden 2024 kemarin," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo