TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bawaslu Tangsel Ajak Kaum Hawa Aktif Awasi Pilkada

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 16 Oktober 2024 | 14:00 WIB
Bawaslu Tangsel ajak kaum hawa di wilayahnya aktif awasi Pilkada. Foto : Ist
Bawaslu Tangsel ajak kaum hawa di wilayahnya aktif awasi Pilkada. Foto : Ist

SERPONG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak para kaum hawa untuk ikut berperan aktif mengawasi jalannya perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Ajakan tersebut tersaji tersampaikan melalui kegiatan bertajuk "Perempuan Berdaya Mengawasi", yang dihelat di kawasan Serpong, Tangsel, Rabu (16/10/2024).

Koordinator Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Tangsel, Karina Permata Hati menyatakan, kaum hawa juga berhak memberi kontribusinya dalam setiap perhelatan pesta demokrasi. Salah satunya dalam segi pengawasan.

"Kami melibatkan semua unsur perempuan. Temanya terkait bagaimana agar perempuan bisa mengawasi. Berdaya mengawasi di Pilkada 2024 ini," ucap Karina.

Sebab menurutnya, perempuan itu mampu. Hal itu coba dicontohkan olehnya, saat Karina menjadi satu-satunya keterwakilan perempuan dalam jajaran Bawaslu Kota Tangsel.  

"Khususnya saya mendorong untuk menularkan kembali kepada perempuan lain untuk aktif melakukan pengawasan. Pengawasan kan identik sama laki-laki. Nah saya ingin mengubah polanya agar para perempuan bisa ikut mengawasi di perhelatan Pilkada kali ini," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Ia menerangkan, pengawasan dapat dilakukan oleh kaum hawa dari sisi mana pun.

Terlebih lagi berdasarkan data, perempuan mendominasi Daftar Pemilihan Tetap (DPT) dalam perhelatan Pilkada kali ini. 

Oleh karena itu Karina yakin, pengawasan pun dapat dilakukan lebih optimal jika para kaum hawa di wilayah termuda se-Provinsi Banten ini dapat aktif melakukan pengawasan. 

"Nah ini peran-peran yang ingin saya coba lakukan bagaimana kita bisa melakukan pencegahan ataupun pelanggaran dan menindak dari segi perempuan. Yang paling saya harapkan kita bisa lakukan pencegahan mulai dari paling dini, dari mana sih? Dari rumah. Dari sosok seorang ibu, dari seorang karakter perempuan memengaruhi keluarga, lingkungan, di lingkungan RT sampai yang lebih luas. Untuk mencegah pelanggaran di Pilkada," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo