TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pelantikan Prabowo-Gibran Dihadiri 33 Kepala Negara

Laporan: AY
Minggu, 20 Oktober 2024 | 08:06 WIB
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming saat mengikuti glade resih di Gedung MPR. Foto : Ist
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming saat mengikuti glade resih di Gedung MPR. Foto : Ist

JAKARTA - Hari ini, Minggu (20/10/2024), tepat pukul 10 pagi, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029, di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Upacara pelantikan akan dihadiri 33 pemimpin dan perwakilan negara sahabat. Sementara itu, sedikitnya 14 panggung hiburan rakyat telah didirikan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Pelantikan Prabowo-Gibran bukan hanya acara seremoni, tapi juga jadi pestanya rakyat.

Persiapan dan kemeriahan acara pelantikan sudah terasa sejak awal pekan lalu. Gedung DPR/MPR di Jakarta, tempat berlangsungnya acara, tampak mempercantik diri. Pagar dicat ulang, taman dipercantik, dan dalam gedung dihias dekorasi bunga-bunga. Karpet merah digelar dari teras hingga pintu Ruang Paripurna.  

Sepanjang hari Sabtu (19/10/2024), kesibukan di Gedung DPR masih tampak terasa. Panitia melakukan gladi resik di ruang paripurna. Di titik lain, beberapa petugas melakukan simulasi penanganan medis, sementara yang lain sibuk merapikan dekorasi di setiap sudut.

Di ruang paripurna, kursi-kursi telah tertata rapi. Termasuk untuk para pejabat tinggi negara, tamu undangan, dan para kepala negara. Kursi untuk mantan presiden dan wakil presiden juga sudah disiapkan. Seperti untuk Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wapres ke-10&12 Jusuf Kalla, dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Namun, Ketua MPR Ahmad Muzani memastikan Mega tak bisa hadir lantaran kena flu dan kurang fit setelah pulang dari Uzbekistan. 

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, hadir di Gedung DPR/MPR untuk mengikuti gladi bersih acara pelantikan. Putra sulung Presiden Jokowi itu tiba sekitar pukul 10 pagi, dengan mengenakan batik lengan panjang bernuansa cokelat. Gibran lalu disambut Ahmad Muzani, lalu mengajaknya masuk ke Ruang Paripurna.

Di dalam, Gibran duduk di barisan depan, menyaksikan jalannya gladi bersih. Setelah sesi gladi selesai, Gibran lalu meninggalkan lokasi dengan wajah riang. Menurut Ahmad Muzani, Gibran senang karena acara pelantikan dirancang simpel. Tidak bertele-tele. Hanya memakan waktu dua jam.

Dimulai pukul 10 pagi dan selesai tepat pukul 12 siang," kata Muzani.

Muzani juga menjelaskan jumlah tamu kenegaraan yang akan hadir dalam acara pelantikan Prabowo-Gibran. Menurutnya, sekitar 33 pemimpin negara dan perwakilan negara sahabat dipastikan hadir. Di antaranya dari Amerika Serikat, Rusia, Jerman, China, serta negara-negara ASEAN. Hadir juga perwakilan dari Qatar, Uni Emirat Arab, Mesir, Yordania. Setelah itu ada dari Britania Raya, India, Jepang, Italia, Kanada, dan Prancis. Para pemimpin negara ini sudah mulai berdatangan sejak Jumat lalu. 

Di luar gedung DPR, kemeriahan juga terasa. Sedikitnya 14 panggung hiburan pesta rakyat didirikan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Jalan ini yang akan dilalui Presiden Jokowi dan Wapres Amin serta Prabowo dan Gibran menuju Istana Negara, Jakarta.

Panggung itu didirikan sebagai wujud terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wapres Amin yang akan purnatugas. Selain itu, panggung hiburan juga dikhususkan untuk pestanya rakyat menyambut pemimpin baru untuk 5 tahun ke depan, Prabowo-Gibran.

Rencananya, setelah resmi dilantik Prabowo dan Gibran bakal diarak menuju Istana Negara sambil menyapa pendukungnya di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Di sepanjang jalan ini, sedikitnya akan ada 14 panggung hiburan dan pesta rakyat.  

Di setiap panggung bakal menghadirkan berbagai hiburan dari sederet artis ternama ibu kota, pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah. Tersedia pula makanan dan minuman dengan harga Rp 1 rupiah di sekitar Panggung Sumatera, yang dibuka pukul 10 sampai 12 siang.

Guna menjaga ketertiban, sebanyak 6.757 personil gabungan TNI-Polri bakal disiagakan untuk mengamankan rangkaian kegiatan saat pelantikan tersebut. Termasuk meniadakan Car Free Day (CFD) yang biasanya digelar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Pihak Kepolisian mengimbau masyarakat yang ingin mengikuti rangkaian acara besok menggunakan kendaraan umum, karena bakal dilakukan rekayasa lalulintas. Di sekitar lokasi juga disediakan kantong-kantong parkir, seperti di Hotel Indonesia dan Gelora Bung Karno.

Dalam rangka memeriahkan acara, Bendahara Umum Projo, Panel Barus memastikan pihaknya bakal mengajak ribuan relawan untuk membanjiri ruas Jalan Sudirman-Thamrin. 

"Itu adalah ruas-ruas jalan yang bersejarah. Ruas jalan inilah yang akan dipenuhi ratusan mata dan menyaksikan pawai perdana Prabowo-Gibran," ujar Panel Barus di Kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2024).

Panel Barus mengatakan, kehadiran Projo harus dimaknai sebagai wujud dukungan terhadap Presiden ke-8 dalam menggapai mimpi Indonesia Emas di tahun 20245. Termasuk bentuk terima kasih kepada kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Itu bentuk ekspresi orisinil yang bisa kami berikan sambil melambaikan tangan, hingga memasang baliho di sepanjang Sudirman-Thamrin," ungkapnya.

Selain itu, Panel Barus juga menjelaskan di sekitar panggung bakal tersedia layar lebar untuk menyaksikan bersama proses pelantikan Prabowo-Gibran. "Kita harap acaranya bisa berjalan khidmat dan lancar, karena hari ini adalah hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Bukan cuma Projo yang memastikan hadir di lokasi, ratusan relawan Rabu Biru untuk Indonesia juga bakal tumpah ruah di dekat stasiun MRT Karet Sudirman. "Estimasi bakal ada 100-200 orang dari seluruh Jabodetabek yang terkonsentrasi disini," ujar Agus Dwi Arifin selaku ketua panitia, di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Agus menambahkan, pihaknya juga menyediakan satu mobil Rumah Sehat Keliling Rabu Biru di lokasi, sebagai antisipasi jika ada masyarakat yang mengalami kendala kesehatan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo