TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengalaman Seru Para Menteri-Wamen Di Lembah Tidar

Tidur Dibangunkan Terompet, Makan Dibunyikan Lonceng

Laporan: AY
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 08:25 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

MAGELANG - Kegiatan retreat di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, menjadi pengalaman tak terlupakan bagi anggota Kabinet Merah Putih. Para pembantu Presiden Prabowo Subianto itu, harus mengikuti tradisi Akademi Militer (Akmil). Mulai dari tidur dibangunkan suara terompet, sampai makan dibunyikan lonceng.

Hari kedua retreat para menteri sudah dimulai sejak pagi-pagi buta. Para menteri dibangunkan pukul 04.00 WIB. Dibangunkannya pun menggunakan terompet.

Para menteri dan wakil menteri (wamen) diberikan waktu 1 jam untuk mandi, salat subuh, dan siap-siap. Pukul 05.15 WIB, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga.

Presiden Prabowo menjadi orang pertama yang tiba di Lapangan Sapta Marga. Prabowo kemudian menyapa Wapres Gibran Rakabuming Raka dan anggota kabinetnya. Mereka kompak mengenakan pakaian Komponen Cadangan (Komcad) berwarna hijau lengkap dengan topinya.

Wartawan Tangsel Pos/RM Group Khoirul Umam, yang saat ini berada di Magelang, menyaksikan langsung aktivitas Kabinet Merah Putih selama retreat.

Kegiatan retreat dimulai dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akmil Magelang. Olahraga pagi berlangsung 30 menit.

Usai olahraga bersama, Prabowo dan anggota kabinet melakukan latihan berbaris. Peserta dibagi lima kelompok. Setiap kelompok didampingi tiga pelatih.

Latihan berbaris selesai sampai pukul 7.30 WIB. Mereka kemudian menuju tenda KS Ubun untuk melakukan makan pagi. Uniknya mereka tidak bisa makan sendiri-sendiri. Makan pagi dimulai pukul 08.00 WIB dan dipimpin oleh Prabowo.

Prabowo membunyikan lonceng satu kali sebagai ajakan kepada semua anggota kabinet menundukkan kepala untuk berdoa. Prabowo kemudian membunyikan lonceng dua kali sebagai tanda doa selesai dan dilanjutkan dengan makan bersama. 

Makan pagi juga berakhir serentak yang ditandai dengan Prabowo membunyikan lonceng. Prosesi makan siang juga sama. Namun, prosesi dipimpin Gibran. 

Setelah makan pagi, para anggota kabinet diberikan kesempatan kembali ke tendanya untuk bersih-bersih dan berganti baju guna mengikuti retreat. Kegiatan retreat digelar tertutup.

Usai melakukan kegiatan retreat, para anggota kabinet tidak langsung kembali ke tendanya masing-masing. Mereka masih harus mengikuti Parade Senja di Graha Utama, Kompleks Akmil di tengah guyuran hujan.

Prabowo tiba dilokasi sekitar pukul 17.45 WIB. Eks Danjen Kopassus itu, lalu menaiki mobil maung, memeriksa pasukan. Prabowo satu mobil dengan Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamjoeddin, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Sementara, Gibran mengikuti rangkaian di belakang mobil Prabowo. Dia ditemani Kepala Staf Angkatan. 

Setelah berkeliling, upacara kemudian dimulai dengan laporan komandan upacara kepada Prabowo selaku inspektur. Prabowo lalu memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati para pejuang bangsa dan para pahlawan yang telah gugur. Rangkaian upacara diakhiri dengan laporan dari komandan upacara kepada inspektur upacara serta penghormatan kebesaran.

Retreat ditutup dengan jamuan makan malam di Ruang Makan Husein, Komplek Akmil, Magelang. Acara diawali dengan paduan suara dan orkestra Akmil yang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam sambutannya, Prabowo menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada seluruh akademi angkatan dan akademi kepolisian yang telah menyelenggarakan Upacara Parade Senja dengan penuh semangat dan disiplin.

Jamuan santap malam kemudian dilanjutkan dengan persembahan lagu sebagai pengantar menuju jamuan santap malam. Setelah itu, Prabowo secara simbolis membunyikan lonceng dari tempat duduknya sebagai tanda dimulainya santap malam bersama.

Selama jamuan santap malam, Prabowo dan anggota kabinet diiringi alunan musik dari paduan suara dan orkestra Akmil. Para anggota kabinet menutup acara makan malam dengan bernyanyi dan berjoget bersama-sama di atas panggung diiringi musik dari Garuda’s Band.

Para anggota kabinet pun membagikan keseruan mengikuti retreat. “Kita dibangunkan terompet,” ujar Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya. 

Hal senada dikatakan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Noel Ebenezer. “Ternyata di Akmil suara terompet itu ada di setiap jam tertentu, termasuk pagi hari," kata Noel.

Sementara, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi salah satu yang membuatnya terkesan adalah prosesi makan kabinet selama retreat. Kata Hasan, makan dilaksanakan seperti taruna. Ada penandanya, lonceng. Mulai dan selesai makan, sambung Hasan, ditandai dengan lonceng. 

"Salah satu yang paling berkesan adalah prosesi makan pagi dan makan siang terpimpin," sebut Hasan.

Keseruan retreat juga diposting para menteri di akun media sosialnya masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menko Pangan Zulkifli Hasan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo