TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

KPU Banten Gencarkan Sosialisasi Pilkada Serentak 2024

Laporan: Yuliawati Saripudin
Senin, 28 Oktober 2024 | 08:45 WIB
Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan foto bersama para pemenang doorprize dalam acara Sosialisasi Pilkada 2024 di Car Free Day kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Minggu (27/10).(yul)
Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan foto bersama para pemenang doorprize dalam acara Sosialisasi Pilkada 2024 di Car Free Day kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Minggu (27/10).(yul)

SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten gencarkan sosialisasi Pilkada Serentak 2024 kepada masyarakat. Pada Minggu (27/10), KPU membidik dua lokasi keramaian yaitu di Car Free Day kawasan Puspemkab Tangerang dan Alun-alum Petir, Kabupaten Serang.

Di Kabupaten Tangerang, Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan menyampaikan bahwa keramaian dan partisipasi masyarakat adalah kunci keberhasilan pilkada.

"Indeks keberhasilan pemilu adalah partisipasi dari bapak ibu (masyarakat) Kabupaten Serang," ujarnya penuh semangat di hadapan ribuan masyarakat.

Dirinya melanjutkan, mengapa partisipasi itu dibutuhkan, karena pemilu atau pilkada ini penting. "Pemilu penting atau pilkada ini penting untuk menentukan kemajuan daerah baik kabupaten kota dan juga provinsi," jelasnya.

Komisioner KPU Divisi Hukum Agus Muslim menyampaikan sebagai wujud mengejawantahkan kepedulian kepada daerah adalah dengan tidak lupa mencoblos di 27 November 2024.

"Jangan lupa tanggal 27 November 2024 sebagai wujud kita terhadap Banten yaitu Sayangi Bantenmu Coblos Pilihanmu," tukasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Banten Divisi SDM Penelitian dan Pengembangan M. Ali Zainal Abidin Menyampaikan sebagai warga Banten patut mengenali calon kepala daerah agar tidak keliru memilih dan menentukan kemajuan Banten.

"Wujud kasih sayang kita terhadap Banten adalah dengan mencoblos. Seperti selogan KPU Banten Sayangi Bantenmu Coblos Pilihanmu," ucapnya.

Salah satu peserta Car Free Day yang juga sebagai pemenang Quiz KPU Banten, Ike mengatakan kegiatan sosialisasi ini penting untuk mengingatkan masyarakat agar memilih calon kepala daerah.

"Acaranya seru dan edukatif. Jadi kita tahu siapa calon kepala daerah kita baik yang Kabupaten Tangerang maupun Provinsi Banten. Jangan lupa juga nyoblos nanti di tanggal 27 November 2024," katanya.

Terpisah, anggota KPU Banten Ahmad Suja'i di Kecamatan Petir mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Serang yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih khususnya di Kecamatan Petir dan umumnya warga masyatakat Banten untuk datang menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu tanggal 27 November 2024.

"Jangan sampai tidak nyoblos tanggal 27 November 2024, sebagai warga negara yang baik tentunya harus berpartisipasi karena pemilihan merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat, karena ini Pilkada untuk memilih calon gubernur dan wakil gubernur dan calon bupati serta wakil bupati," kata Sujai.

Suja'i menjelaskan, warga di Kabupaten Serang pada saat di TPS akan mendapatkan dua jenis surat suara. Pertama, pemilih akan mendapatkan jenis surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang penanda surat suaranya berwarna merah marun.

Suja'i menyebut, ada dua pasangan calon yakni nomor urut 1 Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan pasangan nomor urut 2 Andra Soni-Dimyati Natakusumah. Sedangkan untuk surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Serang penanda surat suaranya berwarna biru muda.

Adapun dua pasangan calon di Pilkada Kabupaten Serang 2024 yakni Andika Hazrumy-Nanang Supriatna dan Ratu Rachmatuzakiyah-Najib Hamas. "Jangan sampai nanti ada petugas KPPS yang keliru dalam memberikan surat suara Pemilih silahkan komplen untuk minta diganti, hak yang sudah ibu bapak salurkan menjadi tidak sah nantinya kalau jenis surat suaranya tidak sesuai," ujar dia.

Sementara itu, anggota KPU Banten lainnya, A. Munawar meminta warga di Kabupaten Serang yang hadir untuk mengajak sanak keluarganya dan warga lainnya agar datang ke TPS. "Informasikan kepada suaminya, istrinya anaknya, tetangganya untuk datang ke TPS," kata Munawar.

Salah satu warga Petir, Hadayati Nufus mengaku senang adanya kegiatan sosialisasi dari KPU Banten.

Selain tahu seluk-beluk tentang Pilkada Banten 2024, sekaligus bisa sehat karena ada senam dan berbagai hadiah doorprize.

"Senang sekali dengan adanya kegiatan ini. Tentunya keluarga akan nyoblos di tanggal 27 November 2024 nanti," ujar warga Desa Petir, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang ini.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo