TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers

BPR Dan BPRS Diminta Permudah Pelayanan

Reporter: Yuliawati Saripudin
Editor: Redaksi selected
Jumat, 31 Januari 2025 | 09:30 WIB
Penjabat Sekda Banten Nana Supiana menghadiri Kunjungan Spesifik Komisi XI DPR RI bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di salah satu hotel di Kota Tangerang Selatan, Kamis (30/1).
Penjabat Sekda Banten Nana Supiana menghadiri Kunjungan Spesifik Komisi XI DPR RI bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di salah satu hotel di Kota Tangerang Selatan, Kamis (30/1).

SERANG - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) harus mempermudah pelayanan terhadap masyarakat kecil. BPR/BPRS bisa menjadi garda terdepan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

 

Hal itu diungkap Penjabat Sekda Banten Nana Supiana usai menghadiri Kunjungan Spesifik Komisi XI DPR RI bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di salah satu hotel di Kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan, Kamis (30/1).

 

Menurut Nana, keberadaan BPR/BPRS harus memberikan kontribusi nyata dalam membantu perekonomian masyarakat melalui pemberian pinjaman modal yang mudah diakses dengan tingkat suku bunga yang rendah.

 

"Termasuk juga memberikan peran bagaimana masyarakat kecil diajarkan entrepreneur, edukasi serta pendampingan termasuk pemasaran produk UMKM-nya. Sehingga peran BPR/BPRS tidak sebatas pada pinjaman modalnya saja," ujarnya. 

 

Menurut Nana, secara umum kondisi operasional dan keuangan BPR/BPRS di Provinsi Banten cukup baik, seperti BPR di Kabupaten Lebak, Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kabupaten Tangerang. Ini harus menjadi contoh bagi daerah lain, terlebih posisi Provinsi Banten merupakan daerah strategis.

 

"Ini penting sebagai salah satu contoh praktik baik dari model pengembangan kelembagaan BPR dan BPRS," jelasnya. 

 

Oleh karena itu, BPR/BPRS harus bersiap dalam menghadapi tantangan jaman, baik dari sisi kelembagaannya, SDM serta teknologi informasinya sehingga setara dengan Bank umum lainnya.

 

"Dengan begitu maka BPR bisa menjangkau daerah pelosok untuk mengantisipasi praktek-praktek Pinjol," harapnya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
RM ID
Banpos
Satelit