TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Semalam dipuji-puji Emil Dan Bima Di Acara Supermentor

Anies Capres NasDem Diumumkan Hari Ini..?

Laporan: AY
Senin, 03 Oktober 2022 | 10:45 WIB
Anies Baswedan. (Ist)
Anies Baswedan. (Ist)

JAKARTA - Hari ini, Partai NasDem bakal mengumumkan capres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Meskipun masih dirahasiakan, publik sudah yakin, capres yang akan diumumkan partai besutan Surya Paloh itu adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Anies yang semalam dipuji-puji kepemimpinannya oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor, Bima Arya, di acara Supermentor, mesem-mesem ditanya soal NasDem bakal umumin capres ini.

Apakah benar Anies yang akan diumumkan sebagai capres NasDem? Tadi malam, undangan pengumuman capres NasDem sudah disebar. Tepatnya: hari ini jam 09.00, di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta.

Semalam, Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menggelar acara perpisahan untuk Anies yang 2 pekan lagi, akan pensiun sebagai Gubernur DKI Jakarta. Selain Anies, lembaga yang dipimpin Dino Patti Djalal itu, juga mengundang Emil-sapaan Ridwan Kamil dan Bima Arya.

Perpisahan untuk Anies ini berlangsung dalam acara Supermentor ke-27 dengan tajuk “Tentang Leadership, Reformasi dan Pengabdian”. Acara digelar di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat.

Di acara ini, Anies memaparkan berbagai pencapaiannya selama memimpin Jakarta. Di ujung acara, eks menteri pendidikan dan kebudayaan itu minta didoakan semoga bisa mengerjakan amanat apa pun sebaik-baiknya

Setelah itu, satu per satu narasumber naik ke atas panggung. Dimulai dengan Bima Arya, Ridwan Kamil, lalu Anies. Anies mengawali pidatonya dengan menyampaikan terima kasih kepada Dino yang membuat acara tersebut. Apalagi di acara ini dihadirkan Kang Emil dan Bima Arya yang juga sahabatnya dan selalu intens berkomunikasi.

Anies mengakui masa tugasnya sebagai gubernur akan berakhir. Namun, eks Rektor Paramadina itu mengatakan akan tetap di Jakarta. “Tugasnya memang sudah selesai, sekarang bersiap untuk tugas-tugas berikutnya,” kata Anies, yang disambut tepuk tangan. Di ujung terdengar teriakan “presiden”.

Kata Anies, di balik Jakarta hari ini ada proses perubahan yang terjadi dalam tiga fase. Dimulai dengan gagasan, narasi, dan karya. Dan berbagai pencapaian itu dilakukan bersama-sama.

"Sebentar lagi saya tuntas. Kemudian tugas sesudah itu, dua minggu ke depan masih banyak. Doakan semoga bisa mengerjakan amanat apapun sebaik-baiknya,” kata Anies, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Emil juga memaparkan berbagai pencapaiannya selama memimpin Jabar. Di akhir acara, ia mendoakan agar kondisi menjelang Pemilu 2024 tetap kondusif. Jangan sampai bertengkar karena beda pilihan.

“Mudah-mudahan, saya doakan menjelang 2024, kita dukung siapapun presidennya, setuju? Kalau takdir ada di Pak Anies, kita dukung Pak Anies sebagai presiden,” kata Emil, yang disambut tepuk tangan hadirin

Tetapi kalau presiden bukan Mas Anies, tetap kita dukung siapapun itu, setuju? Allah akan tunjuk siapa yang jadi pemimpin. Nanti Allah tunjukkan,” kata Emil.

NasDem Umumkan Capres

Sementara itu, Partai NasDem rencananya hari ini akan menggelar deklarasi capres. Undangan soal deklarasi capres itu sudah tersebar sejak kemarin sore. Acara ini tentu saja mengagetkan. Mengingat sebelumnya, NasDem mengaku akan mengumumkan nama capres 1 bulan lagi atau bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

Hal ini dibenarkan politisi senior NasDem, Zulfan Lindan. Kata dia, pengumuman capres akan digelar hari ini di NasDem Tower. Siapa yang akan dipilih sebagai capres? Apakah Anies? Kata Zulfan belum bisa disampaikan saat ini.

Namun, tidak jauh dari yang selama ini jadi pembicaraan. Diumumkan langsung Pak Surya Paloh,” kata Zulfan, kepada wartawan, kemarin.

Kata dia, pengumuman nama capres ini sengaja dipercepat karena ada desakan dari rekan koalisi yaitu PKS dan Demokrat. Dua parpol itu, kata dia, meminta NasDem segera mengumumkan nama capres.

Zulfan menuturkan, baik NasDem, PKS maupun Demokrat, tak ingin kadernya bingung soal capres yang bakal diusung. Karena itu, meski belum resmi mengikat janji koalisi di atas kertas, NasDem mempercepat pengumuman capresnya agar kader makin mantap.

Hal senada juga diungkap Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni. Kata dia, acara akan digelar pagi hari. Apakah sekaligus mengumumkan koalisi? Soal ini, Wakil Ketua Komisi III DPR ini masih irit komentar. “Lihat saja besok ya,” kata Sahroni.

Bagaimana tanggapan Anies? Usai menghadiri acara Supermentor, Anies tak mau banyak berkomentar saat ditanya soal ini. “Apa, siapa?” kata Anies.

Ditanya lagi, apakah akan datang ke agenda deklarasi NasDem, Anies hanya tersenyum. “Datang ke acara ini saja dulu,” ujarnya, sambil bergegas meninggalkan wartawan. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo