TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Rishi Sunak PM Inggris Termuda Dalam 200 Tahun

Laporan: AY
Selasa, 25 Oktober 2022 | 08:14 WIB
Rishi Sunak PM Inggris. (Ist)
Rishi Sunak PM Inggris. (Ist)

INGGRIS - Rishi Sunak kini melenggang menjadi Perdana Menteri Inggris, setelah memenangkan kontestasi untuk memimpin Partai Konservatif, Senin (24/10).

Sunak punya tugas berat mengarahkan negara, yang saat ini terpecah akibat anjloknya perekonomian. Jutaan warga Inggris, kini nyungsep secara ekonomi.

Sunak, salah satu politisi terkaya di Westminster, akan menjadi perdana menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan.

Pria kelahiran Southampton 12 Mei 1980 itu, juga tercatat sebagai pemimpin kulit berwarna pertama di Inggris, dan termuda dalam 200 tahun.

Sunak akan diminta membentuk pemerintahan oleh Raja Charles III. Menggantikan Liz Truss, yang hanya bertahan  44 hari.

Dalam kontestasi ini, Sunak mengalahkan politisi sentris Penny Mordaunt, yang gagal mendapatkan cukup dukungan dari anggota Parlemen untuk memasuki pemungutan suara.

Rival lainnya, mantan Perdana Menteri Boris Johnson, menarik diri dari kontes. Johnson mengaku, tak bisa lagi menyatukan partai.

"Ini adalah keputusan bersejarah. Sekali lagi, ini menunjukkan, keragaman dan talenta partai kami. Rishi mendapatkan dukungan penuh dari saya," kata Mordaunt dalam sebuah pernyataan pengundurkan diri, selang beberapa menit sebelum pemenang diumumkan.

Nilai mata uang poundsterling dan harga obligasi pemerintah Inggris, dilaporkan melonjak sebentar di tengah berita pengunduran diri Mordaunt. Namun, segera kembali ke level sebelumnya.

ITV menyebut, pengunduran diri Truss dapat diterima Raja Charles III pada Senin (24/10) atau Selasa (25/10). 

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/nasional/145677/terpilih-jadi-pm-inggris-rishi-sunak-termuda-dalam-200-tahun

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo