TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Khofifah Pastikan Jalur Evakuasi Erupsi Semeru Sudah Disiapkan

Laporan: AY
Senin, 05 Desember 2022 | 07:22 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa. (Ist)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa. (Ist)

LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan jalur evakuasi bagi warga di titik-titik terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, telah disiapkan sehingga warga diimbau tidak perlu panik.

Status Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas), setelah mengalami erupsi disertai luncuran awan awan panas guguran (APG) pada Minggu pagi (4/12).

"Saya mohon agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan tidak melakukan aktivitas apapun dan tidak panik. Tolong, karena saat ini aktivitas Semeru meningkat. Segera cari dan evakuasi diri agar aman dan selamat," ujar Khofifah seperti dilansir Antara, di Minggu malam (4/11).

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (PVMBG ESDM), tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak atau 5.176 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Khofifah mengungkapkan, dengan status itu, masyarakat dilarang melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi atau sempadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

Menurutmya penanganan bencana Gunung Semeru menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Jatim, utamanya dalam evakuasi para korban terdampak. Termasuk di antaranya kebutuhan para pengungsi.

"Kami telah menyiapkan langkah sigap yang dilakukan Pemprov Jatim di bawah koordinasi bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana/ BNPB dan tentunya PemkabLumajang untuk memaksimalkan layanan bagi masyarakat yang terdampak," tegas Khofifah. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/151652/khofifah-pastikan-jalur-evakuasi-erupsi-semeru-sudah-disiapkan

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo