TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dekranasda Berkomitmen Kembangkan Kualitas SDM & Produk Kerajinan di Tangsel

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 22 Februari 2023 | 22:54 WIB
foto: Ist
foto: Ist

SETU -  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkomitmen kuat untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan produk kerajinan kreatif. 

Hal tersebut sejalan dengan visi Dekranasda Kota Tangsel, yakni terwujudnya industri kreatif Kota Tangerang Selatan yang mandiri, inovatif, memiliki daya saing tinggi, maju dan sejahtera. 

"Visi tersebut didukung oleh lima misi, yakni pertama, mengembangkan kualitas produk, kualitas sumber daya manusia dan kualitas usaha yang berdaya saing, meningkatkan prasarana dan sarana promosi serta publikasi produk yang inovatif dan kreatif," ujar Ketua Dekranasda Kota Tangsel, Truetami Ajeng Pilar Saga Ichsan di wilayah Setu, Tangsel, Rabu (22/2/2023). 

Selanjutnya, kata Truetami, yakni menciptakan peluang investasi dan permodalan yang menumbuhkan nilai ekonomi anggota. 

"Lalu meningkatkan hubungan kerjasama dari seluruh unsur yang berbasis kolaborasi dan komunitas pelaku seni kreatif, dan optimalisasi nilai-nilai tradisi, warisan dan budaya daerah yang unggul dan modern," lanjutnya. 

Truetami menerangkan, dalam upaya untuk menjalankan kelima misi tersebut Dekranasda Tangsel merancang sejumlah program andalan. 

"Di antaranya, kegiatan pameran skala nasional, kegiatan pameran skala lokal atau daerah, kegiatan penyelenggaraan, bazaar, kegiatan kurasi produk siap pameran nasional dan siap ekspor, kegiatan pelatihan untuk pelaku usaha, pengrajin dan seniman kreatif, serta kegiatan studi komparasi ke dekranasda daerah," paparnya. 

Ia mengungkapkan, sederet program dan cita-cita Dekranasda ini diwujudkan semata-mata demi pengembangan kualitas para pelaku usaha, pengrajin dan seniman kreatif yang bernaung di wilayah termuda se-Banten ini.

"Kita merumuskan perencanaan sebagai plan, pembinaan, bimbingan dan pengembangan usaha kerajinan kreatif sebagai do, monitoring dan evaluasi sebagai check, sampai dengan tindakan perbaikan sebagai action," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo