TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Turap Rampung Dibangun, Teror Banjir di Perumahan Puri Bintaro Diharapkan Usai Menghantui

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 02 Maret 2023 | 20:42 WIB
Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie resmikan pembangunan turap di Perumahan Puri Bintaro Indah, Ciputat, Tangsel
Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie resmikan pembangunan turap di Perumahan Puri Bintaro Indah, Ciputat, Tangsel

CIPUTAT - Warga Perumahan Puri Bintaro Indah, Jalan Sumatera, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) akhirnya kini tak perlu was-was ketika hujan deras mengguyur. 

Teror atas ancaman bencana banjir setia kali hujan mengguyur, kini tak lagi dirasakan oleh warga sekitar. Sebab, pembangunan turap di sepanjang kali Cibenda yang melintas di dalam perumahan tersebut, kini telah rampung. 

Bangunan tersebut pun diresmikan langsung oleh Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Kamis (2/3/2023). 

Benyamin mengatakan, pembangunan turap ini merupakan upaya pemerintah untuk mengentaskan banjir yang selalu menghantui warga kala hujan mengguyur. 

"Pada usia yang ke-14 ini, Tangsel tahun ini catatan penting adalah semua pihak harus bahu-membahu menata kota menuju ke arah yang lebih baik lagi," ujar Benyamin. 

Penataan ini, kata Benyamin, sangatlah penting. Hal ini merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat. 

"Dulu banjir padahal hujan baru sebesar ini (gerimis-red) sudah deg-deg-an. Tapi kita saksikan di sini tidak banjir lagi, dan diharapkan ke depan tidak lagi," ungkapnya ketika lokasi diguyur hujan. 

Ia berharap, turap dan sederet pembangunan yang telah dilakukan olehnya dapat memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat. 

"Penataan ini tentu diharapkan dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. Hal ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.  Mengajak kepada semua pihak untuk bersama menjaga melindungi dan melestarikan keberadaan sungai di Tangsel," harapnya. . 

Lebih lanjut, Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel, Robbi Cahyadi memaparkan, total turap yang dibangun meliputi panjang seluas 790 meter. 

"450 meter di sisi kiri, dan 340 di sisi kanan. Dengan tinggi 3,6 meter dasar elevasi sungai. Kemudian juga kami melakukan pelebaran sungai hingga 6,5 sampai 7 meter. Dan di bawah tol mencapai 14 meter," paparnya. 

Selain itu, DSDABMBK Kota Tangsel juga membangun bak kontrol air yang berguna untuk menampung debit air yang begitu tinggi. 

Ia berharap, pembangunan ini dapat memberhentikan teror banjir yang selalu menghantui warga sekitar. 

"Kami berharap pembangunan tanggul ini dan disertai penataan saluran drainase yang mengontrol drainase lingkungan dapat bermanfaat. Jaga dan pelihara sungai kita supaya tetap bersih dan lebarnya sesuai," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo