Busana Muslim Zaskia Mecca hingga Ria Miranda Kebanjiran Pesanan di Tokopedia
JAKARTA - Bulan Ramadan yang identik dengan silaturahmi, cenderung mengubah pola konsumsi masyarakat termasuk akan pakaian. Buka puasa hingga Lebaran mendorong masyarakat lebih banyak belanja pakaian.
Data. Kementerian Perindustrian menyatakan kinerja industri Tekstil dan Pengolahan Tekstil (TPT) pada 2022 menunjukkan hasil yang baik.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal-kuartal berlangsungnya Ramadan.
Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) pun mengatakan permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30 persen pada Ramadan 2022 dibandingkan 2021.
“Di Tokopedia, selama Ramadan 2022, fashion (termasuk fashion muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia Aldhy Darmayo dalam keterangannya, Senin (3/4).
Tren belanja awal Ramadan 2023 yakni penjualan gamis atau kaftan naik 2,5 kali, sementara baju koko 3,5 kali. Melalui program Ramadan in Style, para desainer lokal bersama toko online di Tokopedia mampu memanfaatkan dengan cara meluncurkan produk secara eksklusif.
Mulai dari fitur flash sale, diskon hingga cashback yang mampu mendongkrak penjualan. Ramadan in Style menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim perempuan maupun laki-laki untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan, contohnya Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan masih banyak lagi.
“Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018, bisnis Ria Miranda makin maju dan dikenal lebih banyak orang. Di awal tahun 2023, penjualan Ria Miranda di Tokopedia naik sekitar 127 persen, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022,” papar Chief Commercial Office Ria Miranda, Yaya Wulandari. Ria Miranda kini bisa memberdayakan hampir 200 karyawan.
Sementara merek fashion muslim ZM Zaskia Mecca kini memberdayakan lebih dari 2.000 pekerja di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Pekalongan dan Jepara. Bergabung di Tokopedia pada 2017, terbantu oleh kampanye dan fitur dari Tokopedia.
“Eksposur dan penjualan makin meningkat. Kami bahkan bisa mendapatkan ribuan pesanan dan omzet miliaran saat Ramadan lewat Tokopedia,” jelas CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca, Muhammad Haykal Kamil.
Sementara itu, Fatih Indonesia yang didirikan Fahmi Hendrawan pada tahun 2015, menawarkan berbagai baju muslim laki-laki dengan unsur batik khas Indonesia.
“Bergabung di Tokopedia sejak 2021. Kini hampir 40 persen penjualan Fatih Indonesia berasal dari Tokopedia,” jelas CEO dan Founder Fatih Indonesia Fahmi.
Fahmi, yang dulu pernah magang menjadi tukang jahit, saat ini berhasil memberdayakan sekitar 30 karyawan termasuk penjahit batik artisan di Garut, Tasikmalaya, Solo dan Bengkulu–lewat bisnis yang ia bangun. rm.id
Pos Tangerang | 2 hari yang lalu
Nasional | 2 hari yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
Nasional | 1 hari yang lalu