TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sambut Lebaran, Pilar Imbau Warga Untuk Koordinasi RT&RW Sebelum Mudik

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 18 April 2023 | 19:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Wakil Wali Kota, Pilar Saga Ichsan mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hendak mudik saat Idul Fitri untuk berkoordinasi dengan pengurus lingkungan setempat. 

Hal tersebut dilakukan demi keamanan dan kelancaran saat Hari Raya tiba. Terutama jika meninggalkan rumah ke kampung halaman masing-masing. 

"Koordinasi dengan ketua RT dan RW di lingkungan sekitar. Kami Pemkot Tangsel mengimbau ke seluruh masyarakat Tangsel yang meninggalkan rumahnya atau mudik, untuk memperhatikan dari a sampai ke z," ujar Pilar, Selasa (18/4/2023).

Selain itu, lanjut Pilar, seluruh keperluan dan persiapan lain pun harus dilakukan sebelum pergi mudik. Mulai dari listrik yang harus sudah dimatikan, kunci rumah, lalu peralatan masak dari gas yang dipastikan sudah mati. Sehingga kondisi rumah dipastikan aman sebelum ditinggalkan.

"Saat ini beda dengan kondisi dua tahun terakhir yang masih banyak warga standbye untuk memperhatikan rumah tetangga yang sedang mudik. Tetapi, untuk tahun ini lonjakan arus mudik tinggi sekali maka dari itu yang ingin mudik perhatikan dari a sampai ke z agar tidak terjadi apa-apa," jelasnya.

Sementara itu di sisi lain, Pemkot Tangsel juga akan menyiagakan seluruh instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, tenaga medis dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

"Pemkot Tangsel mempersiapkan Dishub, Satpol PP, Damkar dan juga tenaga medis yang seluruh anggotanya disiapsiagakan untuk standbye. Jadi saat pelaksanaan hari raya Idulfitri ini, warga masyarakat yang meninggalkan rumahnya bisa dengan tenang," ucapnya.

Senada dengannya, Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Faisal Febrianto menjelaskan, untuk pelaksanaan operasi ketupat telah disiapkan 500 personel. Serta ada 9 pos pengaman dan pelayanan juga disiapkan.

"Jadi ada sembilan pos yang kami bangun dan berada di kecamatan atau wilayah yang kami anggap rawan. Ini juga untuk mencegah kemacetan, kemudian mencegah tindak pidana lainnya," terangnya.

Hal ini didasari, karena Tangerang Selatan merupakan wilayah pemukiman. Sehingga kemungkinan besar akan banyak warga meninggalkan rumahnya saat Idulfitri.

"Ini Tangerang Selatan merupakan pemukiman yang nantinya sebagian besar akan ditinggal oleh para pemilik rumahnya," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo