TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kondisi Kapal China Tenggelam Bawa 17 WNI

Oleh: Farhan
Kamis, 18 Mei 2023 | 06:30 WIB
Kapal China Lu Peng Yuan Yu 028. (
Kapal China Lu Peng Yuan Yu 028. (

CHINA - Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berkoordinasi dengan otoritas Australia untuk mencari awak kapal China yang tenggelam di Samudera Hindia. Di antara awak kapal itu, 17 orang  adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Berdasarkan informasi Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA), kapal penangkap ikan berbendera China, Lu Peng Yuan Yu 028, itu telah ditemukan dalam keadaan terbalik.

Proses penemuan kapal menggunakan penjejakan pancaran sinyal emergency positional indicator radio beacon di sekitar Samudera Hindia, dengan mengerahkan pesawat dan kapal. Termasuk meminta dukungan dari kapal niaga yang sedang berlayar di sekitar lokasi.

“Operasi SAR masih terus dilakukan untuk mencari para awak kapal,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha Rabu (17/5).

Kapal tersebut diawaki oleh 39 orang, yang terdiri dari 17 warga China, 17 WNI, dan lima warga Filipina.

Merespons insiden ini, KBRI Beijing juga telah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri China. “Kemlu China menyampaikan keprihatinan atas musibah tersebut dan akan mengerahkan dua kapal pencari serta menjamin pemenuhan hak-hak para awak kapal,” pungkas Judha.***

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo